Test Drive Suzuki S Cross 2018 Ngebut di Ringroad Jogja

suzuki s cross 2018

Suzuki S Cross 2018 sebetulnya udah lama launching di Indonesia. Beberapa bulan lalu PT. Suzuki Indomobil Sales (PT. SIS) mulai masukin mobil ini secara CBU dari India buat Gantiin S Cross sebelumnya. Jadi Suzuki S Cross generasi sebelumnya udah discontinue.

Pertama kali lihat mobil ini di media, sekilas tampangnya kelihatan keren banget. Bagian depan agak mirip BMW X3 terutama bentuk head lamp sama grille nya. Andai grille depan dibelah dua, pasti lebih mirip lagi.


Beberapa waktu lalu akhirnya saya dapat kesempatan jajal mobil ini di Jogja. Saya pinjam unit test drive punya PT. Sumber Baru Aneka Motor alias Suzuki Sumber Baru mobil Jl. Laksda Adi Sucipto Yogyakarta. Suzuki S Cross yang saya test transmisinya matic.

Sesi test drive lumayan agak lama, kira-kira setengah hari. Mulai dari Jalan Adi Sucipto, belok ke ringroad utara, beberapa kali puatar di ringroad, lanjut ke Stadion Maguwoharjo lewat belakang. Jadi, Suzuki S Cross udah diajak ngebut di ringroad, bermanufer di tikungan parabolic, sampe diajak lewat jalan jelek juga. Pokoknya komplit.

Saya juga udah upload video test drive Suzuki S Cross 2018 ini di Channel youtube saya yaitu Proleevo Channel. Buat  kalian yang pingin nonton, ini dia videonya:

 

Buat kalian yang lebih suka baca artikel, saya tulis hasil test drive kemarin disini ya… tapi singkat aja. Silahkan disimak..

Driving Position

Posisi mengemudi Suzuki S Cross ini termasuk enak menurut saya. Joknya bentuk semi bucket dan gak terlalu sempit. Emang busa jok agak keras, tapi nyaman diduduki. Mungkin efek dibalut kulit asli. Setelan jok juga lumayan komplit, bisa sliding, reclining dan ada heigh adjuster juga.

Selain posisi jok yang gampang diatur, roda kemudi juga udah tilt dan udah telescopic. Jadi tinggal diatur sesuai postur dan kebiasaan kita. Pokoknya bisa diatur se nyaman mungkin.

 

Visibility 

Visibilitas mobil ini termasuk lumayan baik menurut saya. Pandangan ke depan lumayan luas, dan pilar A posisinya gak begitu ganggu.

 

Kesenyapan Ruang Kabin

Di Suzuki S Cross 2018 ini, peredaman suara dari luar lumayan bagus. Suara-suara berisik di luar gak sampe masuk ke dalam. Peredaman suara mesin juga lumayan bagus. Suara mesin baru kedengeran masuk kalo mobil digas di rpm tinggi. Sayangnya peredaman suara Aspal kurang begitu baik menurut saya. Suara gesekan ban sama aspal alias road noise kedengeran jelas di dalam mobil ini, walaupun gak sampe ganggu banget.

 

Performa Suzuki S Cross 2018

Jadi mobil ini mesinnya sama ama All New Ertiga yaitu mesin K15B 1500cc VVT. Berhubung bobot S Cross 2018 ini lebih ringan dibanding all new Ertiga, pastinya akselerasi mobil ini lebih enteng biarpun mesinnya sama. Posisi transmisi di D, mobil ini masih enak banget diajak akselerasi walaupun gak bisa dibilang istimewa. Kick Down di posisi D juga lumayan nendang dan responnya cepet. Silahkan cek video diatas. Transmisi S Cross ini gak pake mode sport atau OD off, yang ada mode Manual pake paddle shift di bawah setir. Respon mode manualnya masih sama ama D. Jadi mode manual menurut saya kurang begitu perlu kalo di jalanan datar.

 

Suspensi

Suspensi Suzuki S Cross 2018 ini gak bisa dibilang empuk. Masih kalah empuk ama Yaris. Tapi juga gak bisa dibilang keras, karena gak se keras Jazz. Jadi diantara Yaris ama Jazz. Redaman suspensinya cukup baik menurut saya.

 

Handling

Saya sempat jajal mobil ini di kecepatan tinggi, dan handlingnya ternyata mantap. Padahal mobil ini termasuk tinggi. Ground Clearance 180 mm. Diajak manufer di kecepatan 110 km/jam masih enak. Gejala body roll minim banget. Fun to drive lah.

 

Radius Putar

Nyoba putar balik di ringroad Jogja tanpa ancang-ancang, ternyata bisa satu kali langsung dapet. Radius putar mobil ini lebih bagus dibanding Yaris 2017.

 

Pengereman

Suzuki S Cross 2018 ini udah dilengkapi ABS, EBD dan Brake Assist di sektor pengereman. Remnya empuk tapi presisi. Jadi gak kayak rem All New Ertiga yang agak ngagetin, rem S Cross ini lebih empuk.

 

Cruise Control

Cruise Control di Suzuki S Cross 2018 ini belum saya coba, soalnya kondisi jalan lumayan rame, gak memungkinkan buat jajal fitur yang satu ini.

 

Kesimpulan

Dengan banderol 280 jutaan OTR Jogja, mobil ini cukup menarik, dan valuable banget. Tinggal masalah brand Suzuki yang belum bisa nyaingin Toyota & Honda. Jadi buat kalian yang gak mentingin Merek, mobil ini cukup worth to buy.

Artikel Menarik lainnya:

Wuling Cortez iAMT 1.8L Complete Review

Interior All New Terios 2018 Mirip Xenia

Kecewa All New Terios 2018, ini Komentar Pecinta Terios Lama

Xpander Exceed, 15 Bedanya dibanding Ultimate

Test Drive Xpander Ultimate

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *