Grand Livina Bekas Apakah Layak Dipelihara?

grand livina
Diskusi tentang perawatan G. Livina

Grand Livina adalah salah satu mobil keluaran Nissan yang paling sukses di Indonesia. Saat awal kelahirannya, mobil ini mampu mengisi celah kosong antara Avanza/ Xenia dengan Innova. Kala itu, bagi penggemar MPV yang menginginkan mobil lebih nyaman dari Avanza tapi tidak seboros Innova, maka mobil ini adalah pilihannya.

Waktu berlalu, sepanjang 11 tahun Grand Livina tidak mengalami perubahan yang signifikan. Hanya satu kali mengalami Facelift pada tahun 2013 yang disertai dengan penggantian Engine serta transmisi dari AT ke CVT. Jadi secara umum, hanya ada dua generasi mobil ini yaitu L10 dan L11. Setelah itu, Grand livina hanya tinggal nama yang disematkan ke mobil keluarga produksi Mitsubishi yang mirip dengan Xpander. Sejatinya Grand Livina sendiri sudah tidak ada. All New Livina adalah MPV yang baru dan tidak membawa DNA Grand Livina sama sekali, kecuali hanya nama belakangnya.

Kesuksesan Grand Livina di masa lalu ternyata tidak mampu menjaga harga jual kembali mobil ini. Saat ini harga bekas mobil ini terkoreksi sangat dalam, jauh lebih murah dibanding Duo Kembar. Padahal Mobil ini menawarkan kenyamanan dan pengendalian yang jauh lebih baik dibanding duo kembar.


Harga jual kembali yang sangat murah terbentuk akibat sentimen negatif masyarakat tentang perawatan mobil ini. Kami, tim Proleevo Channel, mencari tahu apa sebetulnya yang menjadikan Grand Livina tidak diminati? Apa sebetulnya yang ditakutkan dari merawat mobil ini? Oleh karena itu, kami menghubungi seseorang yang berkompeten di bidang perawatan Nissan yaitu om Danu dari Garuda Sakti Motor (bengkel spesialis Nissan) di daerah Gading Serpong – Tangerang.

Perbincangan kami dengan Danu berjalan sangat menarik. Banyak hal-hal yang kami dapatkan dari perbincangan tersebut. Semuanya kami dokumentasikan dalam sebuah Video berdurasi 18 menit berikut ini:

Dalam perbincangan tersebut Danu menuturkan, bahwa merawat Grand Livina sebetulnya tidak se-menakutkan yang dibayangkan kebanyakan orang. Adapun stigma / momok menakutkan merawat mobil ini biasanya lebih disebabkan oleh paradigma lama yang beranggapan bahwa merawat mobil Nissan harus di bengkel resmi yang biayanya mahal. Padahal, saat ini sudah mulai banyak bengkel spesialis Nissan non resmi yang mempunyai kapabilitas dalam merawat dan memperbaiki mobil Nissan, namun dengan biaya yang lebih terjangkau. Salah satunya adalah Garuda Sakti Motor besutan Danu dan Ridwan yang berlokasi di Gading Serpong Tangerang.

Bagi teman-teman yang ingin merawat mobil Nissan atau sekedar berkonsultasi, bisa mendatangi Garuda Sakti Motor di alamat berikut ini:

GARUDA SAKTI MOTOR

Belakang ruko Frank furt/Village, Ruko Bavaria Extension Jalan Fatmawati, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Jl. Bohemia Raya No.63, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810

Map:

Demikian tulisan mengenai Momok Menakutkan Merawat Grand Livina, semoga bermanfaat. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *