Ganti Shock Belakang Vario 125 pakai punya X Ride, Lebih empuk & tinggi

ganti shock belakang vario 125

Bro n Sist,

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang modifikasi suspensi belakang Vario 125, kali ini saya akan saya kupas tuntas, mulai dari proses sampai review hasilnya.


Pernah dua kali menjajal Yamaha X-Ride, yang paling berkesan buat saya adalah suspensinya yang luar biasa empuk dan nyaman. Setelah cari-cari info, ternyata shock Xride ini ukurannya lebih panjang sekitar 2 cm dibanding punya Vario 125 dan bisa dipasangkan di Vario 125.

ganti shock belakang vario 125

Shock belakang X-Ride bisa dibeli di bengkel resmi Yamaha dengan harga Rp. 353.000. Berhubung saya punya banyak pelanggan toko sparepart motor, saya bisa titip beli melalui toko sparepart yaitu Dwi Sakti Motor Jl. Kusumanegara Yogyakarta dengan harga diskon. Meskipun harus indent 7 hari. Hehehe

Baca juga:

Fakta All New Honda Vario 150 2018 Apa Adanya

Apa saja yang perlu diperhatikan saat mengganti shock belakang Vario 125 menggunakan shock X Ride? Silahkan simak video berikut ini:

Proses Pemasangan Shock X Ride ke Vario 125

Seperti biasa, untuk pemasangan saya serahkan pada bengkel Jaguar Motor Jl. Gembiraloka Yogyakarta yang terbiasa menangani modifikasi. Berikut ini proses pemasangan Shock belakang X Ride di Vario 125 :

  1. Body bagian belakang dilepas semua;
  2. Lepaskan shock belakang Vario 125;
  3. Pindahkan bushing (bos) dan karet shock Vario 125 ke shock Xride, lihat gambar;

    Perbedaan bushing (bos) shock Vario 125 VS shock Xride

    Atas = bushing shock Vario 125; Bawah = bushing shock Xride

    Bushing dan karet shock Vario 125 terpasang di shock Xride

  4. Pasangkan shock Xride di Vario 125;
  5. Pasangkan kembali body belakang Vario 125, Selesai.

 

Artikel menarik lainnya:

Kekurangan Suzuki Nex II Setelah Dipake Harian

Blak-blakan Review Motor Aneh Yamaha Lexi 125

PCX Lokal, Harga Murah, Spesifikasi dan Fitur nya mantap

Review Kawasaki W175, Motor Klasik Harga 30 jutaan

Yamaha Xmax 250 VS Suzuki Burgman 200 Versi Konsumen

 

Review Shock X Ride di Vario 125

Setelah shock belakang Xride terpasang di Vario 125, langsung saya test melewati jalan jelek yang biasanya saya hindari. Berikut ini review hasilnya:

Shock belakang vario terasa lebih empuk

Tidak seperti sebelumnya, shock belakang terasa lebih empuk dan cukup nyaman untuk melibas jalanan jelek atau polisi tidur. Meskipun tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Bayangan saya, Shock Xride dipasang di Vario 125 akan lebih empuk dibanding di Xride karena posisi shock lebih rebah. Ternyata tidak. Rasanya hampir sama seperti Xride. Cukup empuk, tetapi tidak sampai mengayun seperti PCX 150 atau Supra X.

Buritan jadi lebih tinggi

Setelah dipasangi shock belakang Xride, buritan Vario 125 jadi lebih tinggi. Otomatis ground clearance pun naik. Sudah tidak khawatir  gasruk lagi.

Beruntung, standar samping sudah saya ganti dengan punya Verza. Jadi saat motor distandar, tidak terlalu miring.

Tampilan sesuai konsep modifikasi

ganti shock belakang vario 125

Yang terakhir dari sisi estetika. Saya sengaja memilih shock Xride warna putih agar tampak serasi dengan warna Velg dan Box yang juga putih. Dengan shock Xride ini, Vario 125 ini makin terlihat cantik dan enak dipandang (menurut yang punya :mrgreen: )

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

 

38 thoughts on “Ganti Shock Belakang Vario 125 pakai punya X Ride, Lebih empuk & tinggi

  1. Om.. standar sampingnya diganti sama verza ya? Itu pnp? Lebih tinggi mana dibandingkan sama standar samping beat?

  2. bro, saya pengen tanya. saya pake motor beat karbu, nah saya pingin ganti shock biar lebih tinggi. cari cari referensi, ternyata kata situ vario bisa pake shock x ride. nah kalo untuk beat karbu 110 kira kira bisa gak ya bro? sekalian mau tanya untuk shock depan pake asli dari varionya?

  3. Motor ane juga vario 125 esp, kebetulan shock breaker belakang udah bocor alias rusak. Tadinya mau beli yg ori honda. Terus sy baca artikelnya bisa pakai punya xride. Ane patut coba. Td ane nanya ke dealer yamaha harganya 353.000.

  4. Saya punya vario 125 cbs terbaru nih mas. Shock belakang emang kerasa keras. Infonya jg bisa diganti dgn YSS hybrid 330. Utk ukuran panjang katanya persis sama punya x ride, yaitu 330 mm. Nah, mau tanya nih mas, kira2 lbh nyaman yg mana antara YSS hybrid tsb dibanding punya x ride jika diaplikasikan ke vario 125? Mohon arahan ya mas bro, makasih

  5. Bang kalo buat bawa beban berat kuat gk kira2 nih pake shock x ride
    Vario 125 ane sering bawa beras 6 karung (300kg) + saya 75 kg
    Trmksh

  6. Saya juga pasang ini di vario 125 saya, tapi saya agak terganggu dengan sambungan anting bawah shocknya yg terlihat ringkih banget, pas saya googling banyak kasus shock x ride patah di bagian itu, waduh.

    Gimana bro di vario kamu ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *