Livina Ngelitik, Jangan Anggap Remeh..!!

livina ngelitik
Diskusi dengan Danu GSM, bengkel spesialis Nissan & Datsun

Livina ngelitik menjadi pembahasan yang hangat di forum-forum di Medsos. Di group Facebook, Kaskus bahkan di group WA. Penyakin mesin ngelitik pada Grand Livina sepertinya sudah menjadi lumrah. Saking banyaknya kejadian, tidak sedikit pemilik Livina yang menganggapnya sebagai hal yang wajar. Lalu apa sih sebenarnya ngelitik itu?

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai perawatan dan penyakit Grand Livina bekas, maka kali ini kita akan memperdalam bahasan paling krusial di Grand Livina yaitu masalah ngelitik. Seperti episode sebelumnya, untuk mendapatkan informasi yang akurat, kami berdiskusi dengan Danu, salah satu punggawabengkel GSM yang hampir setiap hari bergelut dengan Nissan Livina. Permasalahan Livina bagi Danu adalah santapan sehari-hari. Oleh karena itu, tidak salah jika kami menjadikannya sebagai Narasumber di segmen “OBeng” (Obrolan Bengkel) Proleevo Channel untuk menggali lebih detail mengenai Livina Ngelitik.

Seperti biasa, tayangan segmen Obeng Proleevo Channel menerapkan aturan yang unik yaitu “Tidak Boleh ada Rahasia”. Dari situ kami sepakat, dan Danu pun bersedia membeberkan semuanya sampai tuntas, tanpa ditutup-tutupi. Obrolan mendalam tersebut terekam dalam sebuah Video berdurasi 13 menit berikut ini:


Dalam obrolan tersebut, Danu menjelaskan tuntas mengenai Livina Ngelitik secara detail. Dimulai dari penjelasan mengenai apa yang disebut ngelitik. Lalu dilanjutkan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan mesin menjadi ngelitik, ternyata penyebabnya tidak hanya satu, melainkan ada beberapa penyebab yang sangat mungkin terjadi.

Dampak Negatif Livina Ngelitik

Selanjutnya Danu juga menguraikan dampak negatif jika mesin yang ngelitik dibiarkan dan tidak ditangani. Ternyata “ngelitik” tidak bisa dianggap remeh. Karena jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan mesin yang lebih parah seperti diuraikan di video di atas. Ada beberapa komponen mesin yang rusak jika mesin terus menerus dibiarkan ngelitik.

Solusi mengatasinya

Danu juga menjelaskan beberapa solusi untuk mengatasi masalah livina ngelitik. Mengatasi masalah ngelitik tidak bisa disamaratakan untuk setiap kasus. Di kasus-kasus yang umum terjadi bisa teratasi hanya dengan melakukan carcon cleaning, di beberapa kasus lainnya tidak sesederhana itu. Semua diuraikan dengan gamblang di video obrolan kami di Proleevo Channel.

Bagi pemilik Grand Livina, terutama yang mengalami masalah ngelitik, sebaiknya segera mengkonsultasikan mobilnya ke bengkel resmi atau ke bengkel yang berpengalaman menangani Nissan. Bagi yang tinggal di Tangerang dan sekitarnya bisa mendatangi Garuda Sakti Motor, bengkel spesialis Nissan dan Datsun yang berlokasi di Gading Serpong – Tangerang.

Map bengkel GSM:

Demikian tulisan mengenai permasalahan di Grand Livina, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *