Review & Test Drive Mistsubishi Xpander

 

Review & Test Drive Mistsubishi XpanderMitsubishi Xpander memang sangat fenomenal. Setidaknya untuk saat ini. Saking fenomenalnya, untuk mendapatkan mobil ini konon calon konsumen yang sudah memesan harus menunggu 4 bulan sampai produk pesanannya dikirim. Luar biasa..

Nah, di tulisan kali ini saya akan mengulas tentang review dan test drive Mitsubishi Xpander yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu. Dibawah ini saya akan mengulas impresi mengemudi Mitsubishi xpander secara lengkap. Mulai dari driving position, visibilitas, kesenyapan ruang kabin, roda kemudi, suspensi, handling, performa, radius putar, hingga pengereman.

Silahkan disimak.

 

Baca juga:

5 Fitur Aneh Wuling Confero S

Xpander Exceed, 15 Bedanya dibanding Ultimate

 

 

Dari test drive yang saya lakukan sekitar 1 jam menggunakan Mitsubishi Xpander seri Ultimate milik Borobudur Oto Mobil Yogyakarta, bisa saya rangkum beberapa catatan tentang mobil ini yaitu:

 

Driving Position Nyaman

Driving position cukup nyaman, desain jok cukup supportive dan nyaman diduduki. Jok pengemudi Mitsubishi Xpander juga sudah dilengkapi dengan height adjuster. Roda kemudi sudah bisa Tilt dan Telescopic sehingga bisa diatur sesuai dengan posisi ternyaman yang diinginkan.

 

Visibilitas Cukup Baik

Visibility cukup, walaupun model masakini, dasbor cukup tinggi tetapi tidak terlalu mengganggu pandangan ke depan. Pandangan hanya sedikit terganggu oleh pilar A saat mobil belok kanan. Tapi masih cukup ok.

 

Kesenyapan Ruang Kabin Xpander Sangat Baik

Kesenyapan ruang kabin sangat baik. Suara dari luar senyap. Suara mesin senyap. Ada sedikit suara ban yang bersentuhan dengan aspal, tetapi masih oke, tidak se parah Grand Livina. Ruang kabin mobil ini bisa dibilang termasuk yang paling senyap di kelasnya.

 

Roda Kemudi Ringan

Mitsubishi Xpander memiliki roda kemudi dengan ukuran yang cukup kecil dan sangat enak digenggam karena dibalut dengan kulit yang lembut. Dilengkapi dengan EPS (electronic power steering), Setir mobil ini terasa sangat enteng, sayangnya returning force saat selesai belok terasa sangat minim sehingga jika selesai berbelok tajam, maka roda kemudi harus diputar/ didorong untuk lurus kembali.

 

Suspensi Empuk

Miysubishi Xpander memiliki suspensi yang bisa dibilang paling empuk dan paling nyaman dikelasnya. Redaman suspensi sangat baik saat melewati polisi tidur atau jalanan rusak/ bergelombang.

 

Handling Mantap

Mitsubishi Xpander memiliki handling yang cukup mantap di kecepatan tinggi tapi body roll masih cukup terasa saat bermanuver. Mungkin karena ground clearance yang cukup tinggi. Jika dimodifikasi lebih rendah, dan menggunakan ban tapak lebar, sepertinya body roll akan sedikit lebih baik.

 

Respon Transmisi Matic Mitsubishi Xpander

Transmisi matic mobil ini sangat smooth tapi responsif, perpindahan gigi terasa sangat halus. Saat kick down, meskipun tidak mengaktifkan OD, transmisi secara otomatis turun ke gigi rendah sehingga menghasilkan akselerasi yang cukup baik.

 

Performa Mitsubishi Xpander

Power mesin mobil ini terasa kurang di putaran rendah, tapi di putaran tinggi cukup baik. Mobil sedikit terasa under power terutama di putaran bawah. Seandainya diproduksi versi 1800cc atau 2000cc, mungkin akan lebih menarik.

 

Radius Putar Cukup

Radius putar mobil ini 5.2 meter. Artinya tidak sebaik Avanza / Xenia tapi masih bisa memutar balik satu kali di Ring Road Jogja. Sebagai pembanding, dengan awalan yang sama, Toyota Rush butuh 2 kali untuk memutar balik di Ring Road Jogja.

 

Pengereman Mantap

Injakan pedal rem di mobil ini rasanya lebih mirip ke pedal rem mobil eropa dibanding dengan mobil Jepang. Jika terbiasa dengan mobil jepang yang pedal rem nya sangat responsif, injak sedikit langsung nyuutt.. Maka akan merasa bahwa rem Mitsubishi Xpander kurang pakem karena harus diinjak lebih dalam. Tapi bagi yang terbiasa dengan mobil eropa, pasti langsung klik dengan pengereman mobil ini.

 

Untuk informasi lebih lengkap tentang test drive dan review Mitsubishi Xpander, silahkan tonton video diatas.

Teeimakasih.

By Proleevo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *