Interior All New Terios 2018 Xenia Banget

Interior All New Terios 2018 Xenia Banget

Interior New Terios 2018 memang berubah drastis dibanding pendahulunya. Tidak ada lagi handle pintu bagian dalam yang melintang berkesan mewah. Tidak ada lagi lampu kabin yang elegan itu. Interior New Terios 2018 berubah menjadi lebih kekinian seolah mengikuti perkembangan jaman.

 

Sebelum lebih dalam membahas Interior All New Terios 2018, saya akan mengulas secara singkat mobil ini mulai dari Exterior, Interior, Ruang Penumpang dan Kaki-kaki sebagaimana hasil dari pengamatan saya terhadap All New Terios 2018 tipe X di acara pameran di Jogja City Mall beberapa waktu lalu.

Berikut ini adalah first impression review alias ulasan kesan pertama saya terhadap Daihatsu All New Terios 2018.

Exterior Keren dan Gagah

Melihat secara langsung All New Terios 2018 ini tidak berbeda dengan yang saya lihat di media-media online. Mobil ini memang keren dan gagah. Desain eksterior terlihat dinamis, futuristik namun tidak berlebihan sehingga mampu menampilkan sisi elegan nya.

Head lamp sudah menggunakan LED, sedikit meninggalkan kompetitornya. Bentuk grill depan yang cukup lebar namun dengan garis yang menyambung dengan garis headlamp menghasilkan paduan yang cukup serasi dengan kesan futuristik dan sangar.

Kap mesin tidak berbentuk flat seperti Terios lama, melainkan ada beberapa tonjolan yang menghadirkan kesan muscle alias berotot.

Desain spion yang meruncing dengan garis lengkung yang cukup tegas juga turut mempercantik mobil ini. Bentuk spion ini adalah salah satu part All New Terios yang paling saya suka. Bentuknya futuristik namun tetap elegan dan tentunya tetap fungsional.

Garis body bagian samping mengalir dari depan ke belakang dengan guratan yang halus sehingga tidak terkesan dipaksakan.

Over fender, bumper bagian bawah dan side skirt tambahan dari bahan plastik tanpa dicat (warna hitam dof) menjadikan tampilan mobil ini semakin gagah.

Bagian belakang New Terios 2018 ini sekilas mirip dengan Honda BR-V. Mulai dari sudut body hingga bentuk lampu belakang terkesan mirip sekali dengan BRV. Perbedaan hanya sebatas beberapa lekukan kecil baik di body maupun di lampu belakang.

Over all, saya pribadi sangat suka dengan desain exterior All New Terios 2018 ini.

Interior New Terios 2018 Mirip Xenia

Berbeda dengan desain Exteriornya yang tampil fururistik, gagah dan elegan, desain interiornya justru kurang elegan menurut saya. Tampilan dasbor dan juga door trim secara sekilas tampak lrbih murah dibanding Terios lama. Apalagi jika diraba dan dipegang, betul-betul berbeda.

Handle pintu melintang di door trim Terios lama yang menjadi ciri khas serta memberikan kesan elegan, di Terios lama, justru diganti dengan cekungan seperti door trim Xenia dengan sebagian besar berupa plastik keras.

Bentuk dasbor All New Terios 2018 pun sudah tidak lagi sama dengan Terios lama. Bentuk dasbor justru lebih menyerupai dasbor Xenia dengan penambahan aksen jahitan kulit palsu serta perpaduan warna Hitam dan putih.

Lampu kabin Terios lama dengan bentuk yang unik pun di Terios 2018 ini berganti dengan lampu kabin model Xenia.

Lay out Dasbor, posisi kemudi, posisi jok, bahkan sampai finishing di bagian bawah setir alias diatas pedal yang di Terios lama ditutup dengan rapih, di New Terios 2018 ini justru dibiarkan terbuka sebagaimana di Xenia.

Interior New Terios yang terkesan Xenia banget ini bukan hanya dirasakan oleh saya, namun juga dirasakan oleh om Putra Wirajaya, salah satu pecinta Terios lama dari komunitas TEDJO (Terios Djogja). Di video diatas, om Putra mengungkapkan kekecewaannya terhadap All New Terios 2018. Menurutnya, New Terios 2018 seolah menggunakan platform Xenia.

Ruang Penumpang

Saya mencoba duduk di jok baris kedua All New Terios 2018, rasanya cukup lega. Leg room untuk postur 175 cm masih cukup sedangkan head room masih sangat lega. Posisi jok baris kedua juga sangat mirip dengan Xenia.

New Terios 2018 dilengkapi dengan AC Double blower dengan pengaturan fan speed masih model analog (geser). Jumlah kisi-kisi double blower ada 3, sama persis dengan AC double blower yang terpasang di Xenia.

Jok baris ketiga cukup sempit untuk postur 175 cm. Leg room mentok dan head room juga mentok. Jika ingin leg room lebih lega, maka jok baris kedua harus dimajukan. Namun tetap saja, jok baris ketiga ini tidak cocok untuk orang dewasa. Lantai terlalu tinggi, sehingga posisi duduk seperti jongkok dan akan cepat lelah untuk perjalanan jauh. Posisi duduk di jok baris ketiga benar-benar mirip dengan Xenia.

Kaki-kaki

All New Terios 2018 yang saya review kali ini adalah tipe X yaitu bukan tipe tertinggi. Mobil ini menggunakan Velg 16 inch dibalut dengan ban ukuran 215/70. Artinya ada penurunan ukuran ban dibanding Terios lama yang menggunakan ban 235/70.

Sedangkan All New Terior 2018 tipe R menggunakan velg dengan diameter yang lebih besar yaitu 17 inch.

 

 

Baca juga artikel lainnya:

Review Mitsubishi Xpander Exceed

Interior & Exterior Wuling Confero S

Test Drive Xpander Ultimate

Test Drive Xpander Manual

 

 

Kesimpulan

Interior New Terios memang terkesan mirip dengan Xenia. Namun bukan berarti semuanya menjadi penurunan. Dari sisi space ruang kabin justru menjadi peningkatan dibanding Terios lama karena sedikit lebih lega. Walaupun masih jauh jika dibandingkan dengan Xpander apalagi Wuling Confero.

Selain itu, Interior New Terios bukanlah segala-galanya, karena banyak aspek mobil ini yang jauh lebih baik dibanding Terios lama. Sebut saja desain Exterior yang lebih futuristik dan elegan; ground clearance yang bertambah tinggi.

Jadi jika dibilang Interior New Terios terkesan Xenia banget, iya betul. Tapi diluar Interior, mobil ini menawarkan sesuatu yang lebih dari Xenia bahkan dari Terios lama.

Informasi lebih lengkap, silahkan tonton video diatas.

Terimakasih.

By Proleevo

One thought on “Interior All New Terios 2018 Xenia Banget

  1. Pingback: Kecewa All New Terios 2018, Ini Komentar Pecinta Terios Lama - PROLEEVO.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *