Exterior & Interior All New Ertiga GX 2018

All New Ertiga 2018 udah resmi ngaspal di Jogja. Tepatnya hari Jumat tanggal 18 Mei 2018 kemarin, Suzuki melaunching All New Ertiga di Hartono Mall Yogyakarta. Saya salah satu yang hadir di acara itu. Acara lumayan seru juga, dimulai dengan test drive oleh media, termasuk saya, habis itu dilanjutin dengan press conference dan peluncuran resmi Low MPV Suzuki ini.

Di tulisan ini saya gak bahas terlalu dalam tentang acara kemarin, yang mau saya bahas adalah All New Ertiga 2018 tipe GX AT.


Sementara ini All New Ertiga GX AT jadi tipe tertinggi yang dibanderol dengan harga 246 juta OTR Jogja. Dibawahnya ada tipe GX MT, kemudian dibawahnya lagi ada tipe GL AT, GL MT dan GA MT.

Ngomong-ngomong soal All New Ertiga GX AT 2018, saya udah upload video tentang mobil ini di Proleevo Channel on Youtube. Buat kalian yang belum nonton, bisa langsung nonton dari sini. Ini dia…

 

Tapi buat kalian yang males nonton video, di tulisan ini saya mau jelasin secara singkat detail impresi mobil ini, mulai dari Exterior, Interior, Ruang Penumpang, Bagasi, Kaki-kaki dan mesin. Silahkan disimak.

 

Exterior All New Ertiga GX

Sebetulnya Exterior All New Ertiga GX ini bisa dibilang berubah total. Semuanya berubah, mulai dari depan, samping hingga belakang. Bahkan dimensinya juga berubah. Panjangnya nambah 13 cm, lebarnya nambah 4 cm, tingginya nambah 0.5 cm.

Tapi kalo menurut saya perubahannya itu gak terlalu ekstrim. Kesannya Suzuki masih agak malu-malu buat ngeluarin desain eksterior yang futuristik. Atau bisa jadi memang Suzuki sengaja bikin desain yang agak kalem biar bisa diterima semua kalangan. Yang jelas All New Ertiga GX ini secara desain exterior cukup elegan, tapi kurang WOW.

Headlamp udah pake Projector buat lampu deketnya, walaupun masih halogen. Lampu jauh reflektor, lampu sein dan lampu kabut juga masih reflektor. Gril depan lumayan cakep menurut saya, garis-garis horizontal rapat dan dilapis krom, kesannya mewah.

Garis body samping mengalir begitu saja, gak begitu tajam, mungkin memang sengaja dibikin begitu. Sedangkan bagian belakang agak lebih berani mengkombinasikan lekuk body yang lebih tegas dipadu dengan bentuk lampu belakang yang lumayan futuristik walaupun agak mirip dengan punya Honda Jazz.

Secara over all, bagian belakang All New Ertiga GX ini jadi kelihatan keren.

 

Interior All New Ertiga GX

Jujur dari dulu saya suka dengan Interiror Ertiga. Dibanding kompetitor sekelas, interior Ertiga waktu itu paling oke menurut saya, terutama kalo dicompare sama merek H T dan D. Dan sekarang, di All New Ertiga GX 2018 ini, Suzuki masih cukup konsisten kasih nuansa interior yang kesannya mewah dan built quality nya bagus.

Desain door trim terlihat elegan dengan perpaduan warna yang pas. Bahkan, ternyata gak perlu pake Jahitan Palsu buat bikin kesan elegan. Menurut say Door trim dan dasbor Suzuki All New Ertiga ini kelihatan mewah tanpa dipaksakan.

Satu-satunya yang ganggu pemandangan adalah panel AC mobil ini. Bentuknya biasa banget. Bener-bener gak cocok sama desain interior secara keseluruhan yang udah menampilkan kesan mewah.

 

Ruang Penumpang All New Ertiga GX

Ada perbaikan di sisi ruang penumpang All New Ertiga. Kalo di Ertiga lama maupun New Ertiga ruang penumpang baris ketiga sempit banget, di All New ertiga ini udah agak lega. Setidaknya udah lebih manusiawi buat orang dewasa duduk di baris ketiga. Jok baris ketiga juga udah bisa dilipat separoh-separoh alias split seat, dan udah bisa reclining 3 posisi.

 

Bagasi

All New Ertiga GX ini bagasinya udah lebih luas dibanding New ertiga maupun Ertiga lama. Yang sekarang, bagasi bisa muat Galon air tanpa harus lipat jok baris ketiga. Kalo jok baris ketiga dilipat, bagasi bisa tambah luas lagi dan alasnya rata.

 

Kaki-kaki

all new ertiga gx 2018

Sayangnya Suzuki All New ertiga GX 2018 ini masih pake velg ukuran 15 inch. Ban pake profil 185/65 R15. Rem depan cakram sedangkan belakang masih tromol. Rem All New Ertiga GX ini masih kalah sama Ignis GX, karena cuma dilengkapi ABS dan EBD tanpa Brake Assist.

 

Mesin

All New Ertiga GX 2018 pake mesin baru yaitu mesin K15B, pengembangan dari mesin Ertiga lama K15B yang diperbesar kapasitasnya jadi 1500cc. Power mesinnya lumayan, 104HP dan torsi 138NM alias setara dengan mesin Xpander, tapi masih kalah sama mesin Mobilio.

 

Buat yang mau tau lebih detail mengenail Suzuki All New Ertiga 2018 bisa nonton video diatas, atau bisa mampir ke channel youtube saya Proleevo Channel.

 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

15 Perbedaan Xpander Exceed dibanding Ultimate

Interior All New Terios Mirip Banget sama Xenia

Test Drive All New Terios Manual Tipe R

Xpander vs All New Terios 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *