All New Terios 2018 VS Xpander

new terios vs Xpander

 

All New Terios VS Xpander, sepertinya menjadi pilihan yang cukup sulit bagi konsumen roda empat tanah air. Mitsubishi Xpander belum lama meluncur dengan berbagai kelebihannya dibanding kompetirtor. daftar tunggu pun kian mengular akibat membludaknya minat masyarakat terhadap MPV Mitsubishi ini. Sedangkan All New Terios baru saja menampakkan diri di depan publik dengan tampilan yang benar-benar fresh dantentunya terjadi update disana-sini sehingga mobil ini menjadi sosok yang benar-benar berbeda dibanding pendahulunya.


Saya pernah membahas secara khusus mengenai Mitsubishi Xpander, silahkan klik disini… Saya juga pernah membahas Daihatsu All New Terios, silahkan klik disini.

 

Segmentasi All New Terios vs Xpander

Jika mempertimbangkan jenis kendaraan, tentunya antara All New Terios vs Xpander tidaklah sama. All New Terios adalah kendaraan berjenis SUV yang di dalamnya terdapat cita rasa MPV, sedangkan Xpander adalah kendaraan berjenis MPV. Jadi sebetulnya segmen kedua mobil ini sedikit berbeda.

Harga All New Terios vs Xpander

Namun dari segi harga, antara Xpander dan All New Terios ini hampir sama. Mitsubishi memang mengklaim harga Xpander mulai dari 189 juta rupiah sehingga head to head dengan Avanza. Namun pada kenyataannya, sampai detik ini saya sama sekali belum pernah menemukan unit Xpander GLX 189 juta tersebut di seluruh dealer Mitsubishi Jogja. Jadi, anggap saja Xpander dibanderol mulai 204 juta hingga 245 juta OTR Jakarta. Harga tersebut mirip dengan New Terios 2017 yang dibanderol dengan harga 199 juta hingga 270 juta OTR Jakarta.

Belum ada harga resmi All New Terios 2018, namun pihak Daihatsu menyampaikan bahwa harga All New Terios 2018 hanya naik sebesar 3 juta sampai 5 juta dibandingkan dengan New Terios 2017. Artinya, harga Daihatsu All New Terios 2018 akan berkisar antara 204 juta hingga 275 juta OTR Jakarta.

Saya berkesempatan meliput Daihatsu All new Terios 2018 saat dipamerkan di Jogja City Mall Yogyakarta pada tanggal 27 – 28 November lalu. Unit yang dipamerkan adalah All New Terios tipe X. Jika menilik harga New Terios 2017 tipe X manual Extra 205 juta, maka prediksi harga All new Terios 2018 tipe X ini sekitar 210 jutaan. Dengan harga tersebut, akan dekat sekali dengan Xpander Exceed manual yang dibanderol dengan harga 214 jutaan. Maka dari itu, di tulisan kali ini yang akan saya komparasikan adalah Daihatsu All New Terios 2018 tipe X MT vs Mitsubishi Xpander Exceed MT.

Silahkan simak komparasi berikut ini:

 

Exterior

Daihatsu All New Terios tipe X MT memiliki desain exterior yang sangat manis, gagah namun elegan. Hampir tidak ada peninggalan desain Terios lama di mobil ini. Tampilan luar mobil ini benar-benar berubah total. Head lamp menggunakan LED, 2 langkah lebih maju dibanding Xpander yang masih menggunakan halogen reflektor. Gril depan cukup lebar, menyiratkan kesan agresif. Desain kap mesin terdapat beberapa tonjolan yang memberikan kesan muscle alias berotot. Garis body samping mengalir dengan lembut sehingga kesannya tetap elegan. Bagian belakang juga berubah total, kali ini bagian belakang all new Terios tampak lebih manis dan enak dipandang.

Sedangkan Mitsubishi Xpander Exceed MT memiliki desain yang cukup frontal. Menurut saya terlalu futuristik dan melompat jauh dari desain kebanyakan MPV saat ini. Mulai dari bagian depan, samping hingga bagian belakang Xpander, hampir semuanya menampilkan garis body yang tajam. Xpander Exceed MT juga telah dilah dilengkapi dengan fog lamp yang tidak terdapat di All New Terios Tipe X MT. Selain itu, spion Xpander Exceed MT sudah dilengkapi dengan auto retrack.

Bicara soal desain exterior tentunya bicara soal selera. Bagi saya pribadi, Exterior All New Terios vs Xpander lebih suka desain all new Terios 2018 tipe X.

 

Interior

Bagi saya yang sempat akrab dengan Terios lama milik keluarga, jujur saya sedikit kecewa saat masuk ke dalam All new Terios 2018 ini. “ini bukan Terios” itu yang terucap saat pertama kali masuk kedalam mobil ini. Interior All New Terios 2018 menurut saya mengalami penurunan kualitas dibanding Terios lama. Desain door trim, lay out dasbor dan posisi mengemudi sangat mirip dengan Xenia.  Silahkan cek Video diatas.

Sedangkan Interior Xpander Exceed walaupun sama-sama dipenuhi jahitan kulit palsu yang saya tidak suka, namun finishing dan penempatannya sangat rapih. Kesan saat pertama masuk kedalam mobil ini seperti memasuki Mercy era 2000an awal. Cukup elegan dan rapih. Padahal, material yang digunakan sebagian besar adalah plastik keras. Tidak ada soft touch di door trim maupun dashboard.

Soal desain Interior, Xpander Exceed tampil lebih mewah dan elegan. Sedangkan All New Terios sudah dilengkapi dengan head unit touch screen yang tidak ada pada Xpander Exceed. Selain itu, sudah menggunakan AC digital sedangkan di Xpander masih analog. Roda kemudi Xpander Exceed sudah telescopic dan tilt, sedangkan all new Terios hanya tilt. jok pengemudi Xpander Exceed juga dilengkapi high adjuster, sedangkan All new Terios tidak.

Interior All new Terios vs Xpander, saya pribadi lebih suka Xpander.

 

Ruang Penumpang

Ruang penumpang baris kedua All new Terios 2018 masih cukup lega untuk postur 175 cm. Leg room masih ada space walaupun tidak banyak. Head room cukup lega. AC double blower masih analog dengan kisi-kisi AC hanya ada tiga.

Ruang penumpang baris ketiga All New Terios 2018 sepertinya diperuntukkan untuk anak-anak. Untuk orang dewasa dengan postur 175cm leg room pas-pasan dan posisi duduk seperti berjongkok karena lantai terlalu tinggi.

Sedangkan Xpander Exceed memiliki ruang penumpang baris kedua yang sangat lega untuk postur 175 cm. Leg room masih ada space cukup banyak, masih bisa dimajukan jika baris ketiga diisi penumpang dewasa. AC double blower masih analog dengan kisi-kisi ada empat. Bisa dibagi dua untuk baris kedua dan dua lagi untuk baris ketiga.

Ruang penumpang baris ketiga Xpander Exceed masih manusiawi untuk orang dewasa. Pada posisi jok baris kedua mundur sampai habis, leg room di baris ketiga memang pas-pasan, tapi ingat, jok baris kedua bisa dimajukan karena space masih sangat lega. Posisi jok juga cukup nyaman untuk orang dewasa, karen bisa duduk dengan normal (tidak berjongkok).

Soal ruang penumpang, Xpander Exceed lebih baik dibanding All New Terios 2018.

 

Kaki-kaki

All new Terios 2018 tipe X MT menggunakan velg satu warna dengan ukuran 16 inch. Ban menggunakan ukuran 215/70 merek GT Radial. Cukup tebal. Rem depan cakram dan rem belakang tromol.

Sedangkan Xpander Exceed menggunakan velg dual tone dengan ukuran 16 inch. Ban menggunakan ukuran 205/55 merek Dunlop. Rem depan cakram dan rem belakang tromol.

 

Mesin

All new Terios menggunakan mesin 1500 cc dual VVTi dengan power mencapai 104PS atau setara102 HP dan torsi 136 Nm. All new Terios menggunakan penggerak roda belakang sehingga lebih fleksibel untuk dibawa kemana saja terutama medan yang cukup terjal dan licin.

Xpander Exceed menggunakan mesin 1500 cc MIVEC dengan power mencapai 103 HP dan torsi 141 Nm. Expander Exceed menggunakan penggerak roda depan sehingga cukup hemat BBM namun tidak se tangguh all new Terios saat menghadapi medan terjal.

 

Kesimpulan

Di rentang harga yang hampir mirip yaitu 210 jutaan, Daihatsu All new Terios VS Xpander Exceed memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Tentunya perlu disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Komparasi kali ini hanya berupa komparasi fisik. Sedangkan driving impression belum bisa dikomparasikan karena All New Terios 2018 belum dilakukan test drive. Jika saja keluhan kekerasan suspensi dan body roll di Terios lama bisa hilang di All new Terios 2018 ini, atau bahkan sampai bisa mendekati kenyamanan suspensi Xpander, All New Terios 2018 akan menjadi ancaman yang serius buat Mitsubishi Xpander.

 

Baca juga :

Review Xpander Exceed, 15 Bedanya dengan Ultimate

Test drive Xpander Exceed Manual, Ngebut di Ring Road Jogja

Review Daihatsu All New Terios 2018 tipe X MT

Kecewa All New Terios, Ini Komentar Pecinta Terios Lama

Gigi Mundur Xpander Manual Mirip Mobil Eropa dan Amerika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *