Yamaha New R25 2018 Dipakai Harian

yamaha new R25

Yamaha New R25 2018 udah launching bulan lalu. Desain depan berubah total, tapi desain belakang masih tetap pakai yang lama. Bagian depan udah pakai suspensi upside down, lampu LED dan instrumen cluster full digital. Desain tangki juga berubah.

Yamaha New R25 2018 ini udah ditest teman-teman media di sirkuit Sentul beberapa waktu lalu. Sayangnya waktu test, ban nya pakai Pirelli Diablo Rosso, jadi menurut saya kurang mewakili kondisi aslinya.


Nah, minggu lalu saya dipinjamin New Yamaha R25 ini kondisi full standar, buat test dipakai harian. Review udah selesai, buat yang mau nonton review tuntasnya, video udah tayang di Proleevo Channel on Youtube, atau kalian bisa nonton disini:

Buat kalian yang lebih suka baca blog dibanding nonton video di Youtube, review selengkapnya saya tulisakan dibawah ini.

 

Perbedaan Yamaha New R25 dibanding versi lama

Biarpun yang berubah cuma bagian depan, tapi ternyata perubahan Yamaha New R25 ini gak sedikit. Beberapa bagian berubah total dibanding versi sebelumnya.

Yang pertama adalah fairing depan yang desainnya lebih aero dinamis dan mengikuti garis desain Yamaha M1. Di bagian tengah ada lubang berbentuk Huruf M yang sekilas kayak Ram Air di Yamaha M1. Lubang ini juga ada di Yamaha R15, tapi bedanya kalo di R15 lubangnua buntu, sedangkan di R25 ini lubangnya tembus. Sayangnya gak tembus ke Throttle body (intake manifold), tapi cuma tembus ngarah ke radiator.

Karena bentuk Fairingnya beda, udah pasti headlamp nya juga beda. Dibanding R25 lama yang headlamp nya ngumpet banget di bawah, New R25 ini posisi headlamp agak naik keatas. Sekilas bentuknya mirip dengan Headlamp R15, padahal beda. Headlamp Yamaha New R25 ini udah full LED dan buat lampu dekatnya udah nyala dua-duanya.

Shock depan juga udah ganti. Yang sebelumnya telescopic biasa, sekarang pake Upside Down dengan warna gold.

Setang alias handle bar juga berubah. Handlebar Yamaha New R25 2018 ini dipasang under yoke alias dibawah triple clamp. Otomatis riding position lebih nunduk dibanding versi lama.

Triple Clamp alias segitiga atas juga berubah. Yang tadinya pejal, sekarang ada lubang-lubang di bagian tengah kayak triple clamp MotoGP.

Instrumen Cluster yang tadinya perpaduan antara Analog dengan Digital, sekarang diganti full digital.

Desain tangki Yamaha New R25 juga berubah. Yang baru ini tangkinya lebih kelihatan bengkak di depan tapi ramping di belakang. Di ujung bagian depan tangki ada aksesoris motif sirip bolong-bolong kayak di Yamaha M1 MotoGP.

Lebih jelasnya, silahkan tonton video diatas.

 

Riding Position Yamaha New R25

Karena ada perubahan di bagian depan, otomatis riding positionnya juga berubah. Yamaha New R25 ini berasa lebih nunduk karena stang lebih rendah. Gak cuma itu, foot step juga agak lebih tinggi. Rasanya lebih Racy dan lebih sigap buat manufer.

 

Riding Impression Yamaha New R25

Dari segi performa rasanya gak ada perubahan dibanding R25 lama, tapi dari segi handling perubahannya kerasa banget. Yamaha New R25 ini handlingnya lebih stabil, dan lebih presisi buat bermanufer. Hebatnya, dengan handling yang makin presisi, tapi kenyamanan suspensi gak berkurang. Motor ini masih cukup enak dipake di jalanan keriting atau libas polisi tidur.

 

Traksi dan Pengereman

Motor ini pakai ban IRC Road Winner ukuran ban depan 110/70 R17, ban belakang ukuran 140/70 R14. Di kondisi kering, ban ini masih oke banget buat manufer maupun buat ngerem mendadak di kecepatan tinggi. Sayangnya di kondisi basah, waktu dites ngerem mendadak di kecepatan tinggi, ban depan dan belakang sedikit selip.

Untuk pengereman masih sama dengan Yamaha R25 versi sebelumnya, masih sangat mumpuni.

 

Cahaya Lampu Utama

Lampu utama Yamaha New R25 ini menyala dua-duanya alias kiri dan kanan menyala, beda dengan r25 lama yang cuma nyala sebelah. Cahaya lampu utama di malam hari terang banget dan agak menyebar ke samping. Lebih jelasnya tonton video diatas.

 

Dipakai Bermacet-macetan

Mesin Yamaha New R25 terbukti aman dipakai bermacet-macetan berjam-jam di siang terik. Kipas radiator muter kenceng pas bermacet-macetan, sehingga ada semburan udara panas ke paha. Tapi panasnya gak ekstrim, dan gak begitu mengganggu asalkan pakai celana denim (jeans).

Sedangkan buat selap-selip di kemacetan, Yamaha New R25 ini ternyata cukup lincah. Gampang ditekuk, dan enteng.

 

Konsumsi BBM

Kebetulan saya gak ngitung konsumsi BBM full to full. Tapi kalo lihat MID, disitu ada fuel consumption average dalam satuan liter / 100km. Konsumsi BBM Yamaha New R25 yang saya pakai harian ini 4.3 liter/ 100km. Kalau dihitung dapat 23.3 km/liter.

 

Kesimpulan

Yamaha New R25 2018 mungkin kelihatan biasa saja kalau di internet. Tapi begitu lihat aslinya, motor ini asli keren. Perubahan suspensi dan stang ternyata ngaruh banget ke handling yang makin presisi. Jadi, motor ini cocok buat kalian yang punya passion terhadap motor sport, tapi kalian mau pake buat di jalanan bahkan buat aktifitas harian.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Harga, Spesifikasi dan Fitur PCX Lokal

Kawasaki W175, Motor Klasik Harga Asyik

Blak-blakan Review Motor Aneh Yamaha Lexi 125

Video Suara Menggelegar Knalpot Regal Raptor Daytona 350

One thought on “Yamaha New R25 2018 Dipakai Harian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *