Mitsubishi Expander, Harga, Spesifikasi, Exterior, Interior dan Fitur

Mitsubishi Expander, Harga, Spesifikasi, Exterior, Interior dan Fitur

Bro n Sist, Mitsubishi Expander baru saja diperkenalkan kepada media dan para undangan di Jakarta pagi tadi. Hingga malam ini MPV anyar ini sangat ramai menghiasi timeline Facebook, Twitter, Instagram, bahkan group WA. “Mas kapan ngulas Expander?” atau “Mas, mana Video Expander?” begitu banyak pertanyaan yang masuk ke saya baik melalui komentar di FB, ada yang langsung WA, bahkan ada yang nulis di Timeline. Duh… dikiranya Proleevo.com ini Media papan atas kali ya. Padahal cuma blog dari pinggiran kota Jogja yang permohonan undangannya pun ditolak oleh Mitsubishi. “Siapa anda?” mungkin itu yang ada di dalam benak PR PT.MMKSI.

Okelah, hari ini saya batal berangkat ke Jakarta, dan hanya bisa menyaksikan berita tentang Expander dari Media-media papan atas. Tapi saya janji, Insyaa Allah saya akan mengupas tuntas mobil ini di Proleevo Channel Youtube suatu saat nanti. Tentunya dengan gaya ala Proleevo, makanya para Fansboy atau para sales mobil disarankan untuk tidak menonton ulasan mobil di Proleevo Channel. Hehehe…

Baca juga:
Test Respon Matic Mitsubishi Xpander Ultimate

Kembali ke Topik, sebenernya apa menariknya sih Mitsubishi Expander ini?

Kalo boleh beropini, ada beberapa hal yang menjadikan Mitsubishi Expander ini sangat menarik, setidaknya menarik untuk diperbincangkan. Yaitu:

  1. Mitsubishi Expander masuk ke segmen paling gemuk di Indonesia yaitu Low MPV
  2. Tampang konsep mobil ini terlihat sangat menjanjikan
  3. Sebagian masyarakat cerdas mulai jenuh dengan low MPV yang terlalu banyak cost down, dan makin gak sesuai dengan harganya

Setidaknya tiga hal itu mampu membuat Mitsubishi Expander menjadi Hot untuk diperbincangkan. Ingat, “diperbincangkan”, kalo untuk dibeli, tetap Xenia Avanza yang terbukti terbaik se jagat raya, tiada duanya, dan paling mengerti anda.

 

Oke, sekarang Mitsubishi Expander sudah diperkenalkan. Sebagai blogger dan Vlogger papan penggilesan, untuk hari ini saya hanya bisa mencomot sana-sini untuk info mengenai MPV Mitsubishi yang satu ini, mulai dari harga, spesifikasi, exterior, interior, fitur dan lain-lain.

Biar Bro n Sist gak bingung, berita tentang Mitsubishi Expander yang dibuat sepotong-sepotong tersebut semuanya saya rangkum disini. Jadi satu artikel saja dan tidak perlu banyak klik.

Harga Mitsubishi Expander

Mobil ini dijual dengan harga mulai dari 189 juta sampai 246 juta, tergantung tipe. Tersedia 6 tipe dengan dua macam transmisi, yaitu Manual 5 speed dan Matic 4 speed. Catet, Matic nya serupa dengan Avanza Xenia, bukan CVT. Ini artinya jauh diatas Wuling Confero & Confero S, atau setara Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, Chevrolet Spin.

Spesifikasi Mitsubishi Expander

  • Mobil ini menggunakan mesin 1500cc MIVEC 16 Valve. Power dan Torsi mungkin belum dihitung. kalau sudah dihitung, kenapa gak disebutkan saja? betul gak?
  • Transmisi Manual 5 speed atau Matic 4 speed, gak ada CVT apalagi Tiptronic.
  • Penggerak roda depan, catat! Artinya bisa diserang dengan komentar “gak kuat nanjak” walaupun saya sendiri nanjak ke Ciater pakai Fortuner 2700 disalip dengan entengnya sama Ford Fiesta 1400 penggerak depan.
  • Dimensi lebih besar dibanding Avanza CS, panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm. Jarak sumbu roda 1.700 mm. Ground Clearance 205 mm atau mirip dengan Honda BRV.
  • Kabarnya Suspensi belakang menganut teknologi yang mirip dengan Lancer EVO. Jika benar begitu, harusnya suspensi belakang sudah Independent, dan paling unggul diantara rival-rivalnya. Tapi belum ada kepastian spec nya, hanya ada kalimat “mengaplikasikan teknologi Lancer EVO sehingga penumpang belakang lebih nyaman” ini maksudnya apa juga belum jelas. Padahal lebih gampang kalau disebutkan “independent” atau lebih keren lagi kalau “Self Leveling Suspension” macam BMW saya yang tahun 94.

Exterior Mitsubishi Expander

Exterior mobil ini tidak terlalu jauh dari konsepnya. Lompatan besar dari segi desain dibandingkan model low MPV yang ada saat ini. Menurut saya keren. Tapi tidak tahu juga apa pendapat masyarakat Indonesia. Lebih jelasnya silahkan lihat foto-foto berikut ini:

Mitsubishi Expander, Harga, Spesifikasi, Exterior, Interior dan Fitur Mitsubishi Expander, Harga, Spesifikasi, Exterior, Interior dan Fitur

 

Interior Mitsubishi Expander

Mitsubishi Expander, Harga, Spesifikasi, Exterior, Interior dan Fitur

  • Memperhatikan foto di atas, interior mobil ini terlihat elegan dan dinamis. Sepertinya sudah ada soft material di door trim, dan ada pengaturan audio di roda kemudi. Head unit double DIN dan sepertinya Touch screen. AC masih model analog, tapi penempatan dan bentuknya tidak mengganggu pemandangan.
  • Seluruh jok baris pertama, kedua dan ketiga dilengkapi dengan Head rest yang adjustable (bukan model pocong). Mitsubishi Expander, Harga, Spesifikasi, Exterior, Interior dan Fitur
  • Jika jok baris kedua dan ketiga dilipat akan menjadi rata.Mitsubishi Expander, Harga, Spesifikasi, Exterior, Interior dan Fitur
  • Sandaran tengah di jok baris kedua bisa dilepat kedepan dan berubah fungsi menjadi arm rest.
  • Konsole Box konon terbanyak di kelas MPV.

Fitur Mitsubishi Expander

DRL, Foglamp, Electric Mirror, pengaturan audio di kemudi, Fitur KEYLESS beserta “push start stop button” seperti Ignis GX juga ada. Dan kalau mencermati foto interior diatas, sepertinya ada tombol dengan logo mirip “traction Control”, jika memang benar ada Traction Control, ini Keren!

 

Sepertinya sementara baru itu yang bisa diulas tentang sosok Mitsubishi Expander ini. Jika ada yang punya info lebih lengkap, bisa ditambahkan di kolom komentar. Jika ada pertanyaan juga bisa ditanyakan di kolom komentar. Pesan saya, jangan under estimate dengan produk baru, begitu pun juga, jangan over excited. Semakin banyak produk, maka persaingan semakin ketat. Produsen yang tadinya malas berinovasi, mau tidak mau turut melakukan inovasi jika tidak ingin ketinggalan. Karena tidak selamanya jargon “sparepart murah” bisa diandalkan mengingat jaringan distribusi sparepart Mitsubshi pun sudah sampai ke pelosok desa sejak jaman dahulu kala.

Silahkan dikomentari…

 

Baca juga:
Test Drive & Review Mitsubishi Xpander

3 thoughts on “Mitsubishi Expander, Harga, Spesifikasi, Exterior, Interior dan Fitur

  1. Apakah Mitsubishi “balas dendam” setelah MVP andalan mereka, Kuda, dihentikan produksinya karena alasan Avanza-Xenia ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *