Banjir Bandang Curug Malela

Banjir Bandang Curug Malela

Bro n Sist,

Berita duka dari salah seorang pengunjung blog proleevo yaitu bro Darmawan. Dalam komentarnya di tulisan saya yang berjudul “Curug Malela Kabupaten Bandung Barat“, Bro Darmawan menceritakan tentang musibah yang menimpa keluarga dan temannya berupa banjir bandang yang terjadi di Curug Malela. Berikut ini kutipan tulisan komentar Bro Darmawan:

onesdarmawan wrote on January 3rd 2011 at 11:01AM
salam kenalโ€ฆbagi yang mau kecurug malela harap hati-hati,soalnya selain jalan yang berbahaya,sering terjadi banjir bandang,kemarin minggu tgl 1januari 2012 telah terjadi musibah,keluarga dan teman saya terjebak di bebatuan,dan sekarang tinggal 1 orang yang belum ditemukan,yang lainnya alhamdulillah selamat.

Selain itu, Bro darmawan juga menambahkan kronologi kejadian musibah di Curug Malela melalui email :

Kronologis kejadian
Sekitar jam 10an hari minggu tgl 1 januari 2012,adik dan keponakan saya serta teman temannya berangkat dari ds.cipatik menuju curug malela mengunakan sepeda motor yg ikut sekitar 20 motor boncengan berarti sekitar 40 org.
Sekitar Jam 14:00 baru nyampai tempat parkir dilanjutkan jalan kaki ke bawah menuju curug,
Jam 15:30 sebagian sudah naik keatas,sebagian sudah di pinggir sungai sebagian masih di tengah sungai dibebatuan hendak pulang karena kata warga sekitar tidak boleh lebih dari jam 16:00,tapi tiba-tiba dari atas datang banjir bandang dan menghempaskan 3 orang,beruntung ada warga yg sedang mancing dan air belum terlalu besar,jadi masih terselamatkan,tinggal 5 orang yg ter jebak dibatu besar tp terbagi di 3 kelompok,karna air yg cukup deras sehingga 5 org tsb tidak dapat bergerak,beruntung warga disana cukup sigap memberi pertolongan,dgn alat seadanya,dan yg selamat mencari tali dan bantuan,tapi nasib sial menimpa seorang teman saya,dia mengalami kram kaki karna terlalu lama terendam air yg cukup deras sehingga terpeleset dan jatuh terbawa air sungai,beruntung empat orang lainnya masih bisa terselamatkan dan empat org tsb termasuk adik dan keponakan saya,tinggal teman saya yg sampai sekarang belum ditemukan,karna kondisi yg cukup membahayakan,sampai hari kedua warga sudah mencari sampai curug kelima,tapi karna medan yg berat warga sudah tidak sanggup meneruskan pencarian,kabar terakhir sekarang sudah ditangani tim sar dan baru ditemukan helmnya yg dipakai saat kejadian,saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada warga disana yg sigap dan tanpa pamrih menolong saudara dan teman-teman saya,dan kami juga miminta doanya dari teman-teman supaya teman kami dapat cepat ditemukan,walaupun harapannya tipis untuk selamat,terima kasih

Melalui tulisan ini, saya menyatakan turut berduka atas musibah yang menimpa bro Darmawan, semoga keluarga / temannya yang belum ditemukan dapat segera ditemukan dan diberi keselamatan.

Buat Bro n Sist yang berencana untuk mengunjungi Curug Malela, saya sarankan agar menunda rencananya, sebaiknya kunjungan ke Curug Malela dilakukan ketika curah hujan tidak terlalu tinggi. Hal ini demi keselamatan kita semua.

Banjir Bandang Curug Malela

Harap informasi ini diteruskan kepada rekan-rekan yang lain sambil menunggu klarifikasi dari pihak yang terkait demi mencegah terjadinya musibah yang serupa.

Salam,

Faizzin

http://proleevo.wordpress.com

34 thoughts on “Banjir Bandang Curug Malela

  1. Pingback: Curug Malela Kabupaten Bandung Barat « proleevo

  2. Pingback: Curug Malela Kabupaten Bandung Barat « proleevo

  3. Slh stu k0rban slmt tu kk sya.. Alhmdlh slmt..tp saudara sy yg hilang,tlah d temukan dlm keadaan sudh tdk brnyawa. Mudah2an iman+islamnya d terima. Amiin

  4. turut berduka bagi yg terkena musibah dan semoga amal ibadah almarhum diterima Nya….amin

    tks buat Proleevo yg dah kasih info ini, tadinya saya ada rencana kesitu minggu ini.

    • Sebaiknya di pertengahan tahun antara bulan Juni sampai Agustus, mudah2an aman mengingat di bulan2 itu curah hujan tidak terlalu tinggi. Tapi alangkah baiknya, cari info dulu sebelum kesana.

  5. oy turut berduka cita jg buat yg nglamin musibah di curug itu…. smoga aja cpt ditemuin dlm kondisi apa pun, ya smoga aja ada keajaiban dr yg maha kuasa buat temennya mas Darmawan supaya di ketemukan dlm keadaan sehat…. Amin.

  6. kerusakan di daerah DAS atau memang karakternya gitu ya, biar aman mainnya pas musim kemarau. turut berduka cita bagi yang terkena musibah.

  7. terimakasih infonya…dan turut berbela sungkawa buat yang terkena musibah ini.
    kami sedang mencari informasi tentang aman atau tidaknya saat ini, karena ada rencana dalam waktu dekat ini kami akan mengunjungi curug malela ini….

  8. Turut berduka cita atas musibah yang menimpa keluarga dan teman-teman pak Darmawan. Selaku warga Kab. Bandung Barat saya ucapkan terimakasih kepada pak Darmawan yang telah berbagi dan kepada proleevo Ijin kopas kronologi kejadian ya…. ๐Ÿ™‚

  9. Saya adalah warga desa bojong yang berbatasan dengan desa Cicadas Dimana Curug Malela itu ada : Saya cuma menyarankan kepada seluruh pengunjung,untuk lebih berhati-hati berkunjung kesana apalagi kl di lokasi sudah terlht ada tanda-tanda mau ujan turun,karena lokasinya sangat sulit curam dan terjal juga tidak didukung oleh pasilitas yang baik red ,,seperti jalan yang sempit dan ber kelok kelok,artinya kl anda semua yg berkunjung ke sana bgt ada tanda mo ujan diusahakan agar secepatnya naik ke tempat yang lebih tinggi hanya untuk safty saja ,silahkan nikmati keindahan curug itu dari atas dan tempat yang sudah di bikin.(kita nikmati dan tapakuri keindahan alam tersebut dengan tidak menyalah gunakannya red..”?) Wlpn terlambat sy juga turut berduka atas meninggalnya rekan kita di tempat itu mudah mudahan amal baiknya di terima di sisinya dan amal jeleknya akan mendapat ampunan dari aloh swt amin ! Karena saya yakin walautidak pergi ke curug malela bahwa almarhum tetep akan meninggal dalam waktu yang sama dimanapun berada,ingat kematian itu tidak bisa di tunda sedetikpun… yang penting sekarang bagi yang mo brknjung ke empat itu agar hati2 ….
    …………………….sam grp ………………………

  10. Kebetulan saya keturunan Cililin, jadi tahu benar pitutur orang tua mengenai Curug Malela. Curug itu memang sangat indah, tapi harus cukup berhati~hati sebab bisa membawa MALA~petaka.
    Menurut orang tua kata MALELA berasal dari kata MALA. Perubahan kata MALA menjadi MALELA menunjukan BISA MEMBAWA MALA~petaka.
    Maksud orang tua dulu berhati~hati jika mendung di bagian hulu, harus cepat keluar dari curug, karena akumulasi air yang datang bisa berlebihan dan menimpa serta membenturkan seseorang yang berada dibebatuan.

    Curug Malela Indah dan aman untuk dinikmati selama kita memahami dan mematuhi adat istiadat yang berlaku di sana.

    SELAMAT MENIKMATI CURUG MALELA.

  11. salam… bagaimana cara tahu info keadaan terkini curug malela? apakah ada yg bisa dihubungi? kami rencana akan trip tgl 26-27 Januari 2013. terimakasih banyak sebelumnya

  12. Besok saya mau pergi ke curug malela, kira2 aman gak ? Tahun lalu saya mw kesana tp balik lg karna waktu udh jam 1 , karna pas tanya2 d wrung pinggir jalan lewat jam 4 hrus meninggalkan lokasi ,belum perjalanan yg cukup lama krna jalannyg masih bebatuan, jd gmn bro klo besoknsaya berangkat dri bandung jam 5 pagi ? Dan aman gk ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *