[Share] Membuat Knalpot Custom Honda CS1 di RAC Speed Tangerang

Bro n Sist…

Seperti kebanyakan para pemilik Honda CS1, saya merasa kurang puas dengan torsi motor ini di putaran rendah. Pernah keteteran waktu diajak ke Ujung Genteng PP, CS1 akhirnya masuk gudang selama hampir 6 bulan, hanya sesekali digunakan untuk keliling komplek.

Paska sepeninggalan Hyosung comet 250, mau tidak mau Honda CS1 ini akan saya fungsikan kembali untuk luntang-lantung, setidaknya sampai datang pengganti si V-Twin.

Berawal dari obrolan dengan mekanik bengkel dekat rumah, saya disarankan untuk memesan knalpot di Curug, tanpa menyebut namanya, sang mekanik hanya memberi petunjuk arah ke bengkel knalpot tersebut.

Singkat cerita, sampailah saya di Tidar Jaya Knalpot yang biasa menerima pesanan knalpot custom dengan merek RAC Speed. Ngobrol dengan bossnya, saya pun request untuk dibuatkan knalpot untuk CS1 dengan spec standar, ingin menaikkan torsi di putaran bawah, tapi suaranya jangan berisik. Banyak juga requestnya.. [Share] Membuat Knalpot Custom Honda CS1 di RAC Speed Tangerang

Oh iya, saya memilih material full stainless 201 untuk knalpot dan request untuk tekukannya dilas cacing (TIG welding / las argon tanpa filler) bukan diroll. “Oke booss, siaap..” yang punya bengkel mengiyakan.

Untuk memenuhi request saya tersebut, dipilih leher dengan diameter dalam 28mm milik satria FU custom dan kemudian dipanjangkan kurang lebih 100mm. Silincer dibuatkan dengan panjang 250mm diameter dalam 37mm. Saat dicoba, suara masih terlalu keras, silincer pun dibongkar, lubang saringan ditambah sampai full, lalu dipasang kembali. Suara menjadi lebih adem, tapi bagi saya masih kurang adem. Akhirnya diputuskan untuk mengganti silincer dengan panjang 400mm diameter dalam 40mm. Hasilnya, suara adeem beneerr..

Tiba giliran saya untuk test ride. Nyalakan mesin gigi satu, cepat habis, masuk gigi dua lanjut ke gigi 3. Jalan pelan di 3000rpm mesin terasa lebih berisi, test nyalip angkot mulai dari 3000rpm, tidak seperti biasanya, mesin CS1 langsung merespon dengan baik, putaran mesin naik sampai 11000rpm tanpa ada kendala. Di 11000rpm saya sengaja langsung lepas throttle gas, dan hasilnya “ajaib” knalpot tidak nembak walaupun menggunakan setting karbu standar. Overall, much better than stock exhaust.

Saya benar-benar menyesal. “Kenapa gak dari dulu…”.

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

48 thoughts on “[Share] Membuat Knalpot Custom Honda CS1 di RAC Speed Tangerang

  1. salam cs1, coba turunkan gir belakang jd 40 atau 39 mata, dijamin nyos, aksel bawahnya terasa banget kalo udah pake knalpot after market

  2. Tos bro bang…
    Minta rekom bengkel buat setel mesin dan kaki2 cs1 dong… Daerah daan mogot kalideres kebon jeruk klo ada. mau minta custom di RAC untuk yg6 kolong (undertail) bisa ga ya? PM boleh yaaa

  3. Alamat lengkapnya dimana bro?Koq ga dicantum?patokannya deket mane bro ane dari Jakarta neh takut nyasar bro. diopen disini dong bro bagi info kalo ajib.kalo ga bagi info via PM email ke wilzborn11@gmail.com ato sms ke 08982093999 / 02198899165 ditunggu segera pengen coba mampir sana bro.thanx ya bro.

    Wiliam

  4. gun bisa setting knalpot VR1 untuk kawasaki D-tracker tidak ya,saya terlanjur beli saya kalau tidak terpakai,suaranya kurang adem,thank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *