Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

Royal Enfield dipamerkan di ParJo 3

Bro n Sist,

Foto diatas saya copy dari FB milik om Dono Andomo. Foto tersebut dijepret di lokasi PARJO beberapa waktu lalu. Sosok sepeda motor yang sangat legendaris, kental dengan nuansa klasik namun tetap memancarkan karakter yang tegas layaknya muntahan torsi dari mesin satu silinder over stroke miliknya yang tidak main-main.

 

Yup, Royal Enfield, brand inggris yang terdaftar sejak tahun 1899 ini memang memiliki sejarah yang sangat panjang. Berawal dari memproduksi sepeda roda dua, dilanjutkan dengan memproduksi sepeda roda empat, kemudian mulai merambah industri sepeda motor dengan menggandeng Minerva sebagai pembuat engine bagi sepeda motor Royal Enfield. Pada tahun 1901 akhirnya Royald Endfield secara mandiri mampu memproduksi sepeda motor pertamanya dengan engine 239cc.

Sejak tahun 1955, Royal Enfield mulai membuka pabrik perakitan di India, tepatnya di wilayah Madras yang sekarang disebut Chennai. Namun demikian, Royal Enfield di Inggris tetap memproduksi sepeda motor sampai tahun 2009.

Oh iya, sejauh ini, Royal Enfield cukup konsisten mempertahankan mesin satu silinder dengan teknologi pembukaan klep yang masih mengandalkan OHV (Over Head Valve).

FYI, teknologi OHV adalah mekanisme pembukaan dan penutupan klep dengan cam shaft (noken as) berada dibawah langsung berhubungan dengan crank shaft (kruk as) melalui roda gigi. Sedangkan pergerakan cam akan diteruskan ke rocker arm (pelatuk) melalui push rod. Buat yang masih bingung, silahkan masuk ke kelas 10 SMK Otomotif. Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

Naah, motor yang sangat legendaris tersebut dikabarkan akan masuk ke Indonesia melalui bendera PT. Carberry Indonesia yang berkantor di kawasan Warung Buncit Jakarta Selatan via PT Rizki Enerjy Indomotor sebagai agen pemegang merek Royal Enfield di Indonesia. Seperti dikutip dari dapurpacu.com, Royal Enfield dibandrol mulai dari Rp. 165 juta off the road. “muahal rek”  *(updated)

Saya sendiri berharap RE indonesia memasukkan tipe Classic yang benar-benar sangat kental aura British nya. Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

Ini dia Galery Royal Enfield tipe Classic yang bikin ngiler…

Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

Royal Enfield Classic Battle green

Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

Royal Enfield Classic Chrome

Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

Royal Enfield Classic Desert Storm

Biar tambah ngiler, berikut ini spesifikasi Royal Enfield Classic :

Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

 

 

Mudah-mudahan kabar ini bukan sekedar rumor belaka. “Siapin tabungan” 😀

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

*Sumber : Wikipedia, FB, Dapurpacu dan royalenfield.com

7 thoughts on “Bersiaplah Menyambut Motor Legendaris yang Satu Ini

  1. Klasik = mahal.
    Mahalnya terletak pada keabadian modelnya…. Ampun dah, kapan ya ane bisa punya motor klasik yg bukan modifan cb,gl,scorpio. Dan bukan pula yg jadul…..
    Sebenarnya pngin juga estrella, royal enfield… But terlalu tinggi harganya… Btw royal enfield untuk zona asia pabriknya d india, harusnya harganya ga terlalu tinggi. Cmiw.

  2. Seingat saya skitar dekade 90-an ada pnjualnya dibilangan warung buncit. Klau lewat pasti saya selalu nengok ke show roomnya. Tpi setelah itu hilang nh motor, eh sekarang muncul lagi, tpi kemahalan harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *