Yamaha X-Max 250 VS Suzuki Burgman 200, Versi Konsumen

Yamaha X-Max 250 VS Suzuki Burgman 200, Versi Konsumen

Bro n Sis, diatas adalah foto slah satu sahabat saya di komunitas RIFCUL (Riding Fun and Culinary) yaitu bro Kiemuks, Tangerang. Bro Kiemuks ini adalah mantan pengguna Suzuki Burgman 200 yang berganti tunggangan ke Yamaha Xmax 250. Beberapa waktu yang lalu, bro Kiemuks sempat menuturkan kepada saya perihal kepuasan yang luar biasa terhadap Suzuki Burgman 200, terutama after sales service Suzuki yang sangat serius memperhatikan konsumen matic Gambot mereka.

Waktu berlalu, hasrat pun tak lagi sama. Kepuasan terhadap Suzuki Burgman 200 ternyata tidak bisa membendung hasrat bro Kiemuks saat Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Xmax 250 dengan tampang yang sangar serta dimensi yang “Moge banget”. Alhasil, Suzuki Burgman 200 pun dilepas secepatnya demi menjemput Yamaha Xmax 250 ke Garasi. Bagaimana komparasi antara Yamaha Xmax 250 VS Suzuki Burgman 200 versi bro Kiemuks? silahkan disimak penuturannya berikut ini :

Desain

Suzuki Burgman 200 memiliki garis desain simpel dan elegan. Sedangkan Yamaha Xmax 250 memiliki garis desain yang lebih tajam, futuristik, namun tetap elegan dengan permainan warnanya. Desain dua-duanya cakep, tapi Xmax lebih modern.

 

Ergonomy

Bicara tentang Ergonomy, meskipun kedua big scooter ini sepintas terlihat memiliki dimensi yang mirip, ternyata riding positionnya cukup berbeda. Suzuki Burgman menawarkan riding position yang lebih relaks/ santai, sedangkan Yamaha Xmax 250 riding position lebih sigap, meskipun tetap relaks jika dibanding motor naked.

Satu hal yang mengganjal di Yamaha Xmax 250 adalah seat height alias ketinggian jok yang terlalu tinggi. Sedikit menyulitkan untuk postur dibawah 180 cm karena kedua kaki tidak bisa menapak dengan sempurna.

 

Fitur & Teknologi

Bicara soal Fitur dan teknologi, Yamaha Xmax 250 unggul mutlak atas Suzuki Burgman 200. Yamaha Xmax 250 sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru. Salah satu yang paling menonjol adalah adanya Traction Control yang mampu mencegah terjadinya slip di roda.

 

Handling

Handling kedua motor ini tidak jauh berbeda, alias mirip-mirip. Baik Suzuki Burgman 200 maupun Yamaha Xmax 250, keduanya sangat stabil di kecepatan tinggi. Dengan dimensi yang lebih besar dari motor pada umumnya, kedua motor ini tentunya sedikit mengalami kesulitan jika harus selap-selip di tengah kemacetan. Sedangkan untuk menikung alias bermanuver di kecepatan tinggi, Yamaha Xmax 250 lebih unggul kerena lebih presisi dan gejala ngebuang sangat minim jika dibanding Suzuki Burgman 200.

 

Suspensi

Suspensi depan kedua motor ini ternyata berbeda. Suzuki Burgman 200 menggunakan telescopic pendek seperti PCX dan kawan-kawan, sedangkan Yamaha Xmax 250 sudah mengunakan suspensi telescopic panjang seperti motor sport. Hanya saja settingan suspensi Xmax 250 sedikit lebih keras dibanding Suzuki Burgman 200. Meskipun masih cukup nyaman, Suspensi Yamaha Xmax 250 masih kalah nyaman jika dibandingkan Suzuki Burgman 200.

 

Performa

Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, Yamaha Xmax 250 memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dengan Suzuki Burgman 200. Baik akselerasi maupun topspeed, Yamaha Xmax 250 lebih nendang.

 

Kapasitas Bagasi

Kapasitas bagasi Yamaha Xmax 250 lebih luas dibanding Suzuki Burman 200. Lebih muat banyak untuk menyimpan barang-barang.

 

Harga

Suzuki Burgman 200 saat ini sudah tidak dicantumkan di website resmi Suzuki Indonesia, mungkin sudah discontinue. Harga terakhir Suzuki Burgman 200 kalau tidak salah adalah 57 juta OTR Jakarta. Sedangkan harga baru Yamaha Xmax 250 adalah 55 juta OTR Jakarta.

 

Kesimpulan

Suzuki Burgman 200 memang nyaman dan memenuhi ekspektasi. Tapi Yamaha Xmax 250 lebih menggoda.

 

Bro n Sist, itu dia komparasi Yamaha Xmax 250 vs Suzuki Burgman 200 versi bro Kiemuks, silahkan dikomentari…

 

Buat yang penasaran dengan Honda Rebel 500, silahkan simak Video berikut ini:

2 thoughts on “Yamaha X-Max 250 VS Suzuki Burgman 200, Versi Konsumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *