[Test Ride] Honda New PCX 150 VS Yamaha Nmax 155 ABS

[Test Ride] Honda New PCX 150 VS Yamaha Nmax 155 ABS

Bro n Sist…

Cukup lama saya gak update blog kesayangan ini. Sebagai pemanasan, saya mau sedikit review test ride Honda New PCX 150 VS Yamaha NMax 155 ABS. Telat memang, atau bisa juga dibilang basi, tapi buat Bro n Sist yang punya rencana meminang skutik bongsor, gak ada salahnya nyimak celotehan saya tentang kedua motor ini. Tentunya saya akan membahas keduanya dari sudut pandang saya pribadi. Ingat, murni sudut pandang pribadi, karena unit yang saya gunakan bukan milik ATPM, dan blog saya pun masih ada embel-embel dot wordpress dot com. Hehehe…

Singkat cerita, dalam waktu yang cukup berdekatan, akhirnya saya berkesempatan menjajal kedua skutik bongsor dari brand mainstream tersebut. Yang pertama adalah Honda New PCX 150 2015 produksi Vietnam milik pak Lurah Banjarsari, yang kedua adalah Yamaha Nmax 155 ABS 2015 milik bro Yusman.

Singkat saja, silahkan disimak review kedua skutik bongsor tersebut versi proleevo :

Honda New PCX 150

Handling
Tergolong cukup lincah, untuk selap selip di perkotaan menurut saya masih OK. Kalo untuk high speed menurut saya masih kurang stabil, mungkin karena suspensi terlalu empuk cenderung ngayun.

Riding position
Relax banget dengan posisi kaki normal (gak kedepan), saya cobain posisi kaki ke depan kok malah pegel karena ada tekanan di betis dan paha bagian depan. Mungkin kaki saya kepanjangan.
Dipake boncengan + anak masih lega.

Pengereman
Rem depan belakang mantap, cukup pakem kalo menurut saya. Hanya saja saat hard braking motor seperti hilang keseimbangan, agak ngebuang. Bukan salah rem nya. Mungkin karena riding position yang terlalu tegak, atau bisa jadi karena suspensinya yang terlalu empuk.

Power
Bagi saya under power banget cenderung lemot. Dipake boncengan bertiga masih kalah responnya dibandingkan vario 125. Top speed di jalur pantura yang kosong melompong pun sebelas dua belas sama Vario 125, cuma dapet 105 kpj boncengan bertiga.

Suspensi
Nyaman buat libas jalanan jelek, tapi buat highspeed ngayun dan saya gak recommend.

Konsumsi BBM

Test Cikarang – Cirebon PP boncengan dengan anak istri, dapat 37-38 Km/liter. Cukup boros juga.

Fitur
Bagasi luas, setara givi e33 lebih luas dibanding NMax
Jok super empuk, lebar dan panjang (lega)
Head lamp terang
Ada port untuk ngecharge hp dan tertutup rapat. Hp aman
Tangki bbm muat banyak
ISS, ngirit buat perkotaan
Lampu hazard
Dll

 

Yamaha NMax 155 ABS

Handling

Cukup lincah buat selap selip di perkotaan, untuk high speed pun menurut saya masih cukup stabil. Jauh lebih stabil dibanding PCX.

Riding position
Relax, gak pake banget karena jok lebih pendek, jadi gak se lega PCX.

Pengereman
Rem depan belakang mantap, cukup pakem kalo menurut saya. Dicoba hard braking pun cukup aman, gak kayak PCX.

Power
Bagi saya power NMax cukup. Dipake boncengan bertiga cukup bertenaga, akselerasi lebih baik dibanding PCX. Top speed belum dicoba karena testdilakukan di dalam komplek, sempat menyentuh 90 km/jam jauh lebih cepet dapetnya dibanding PCX.

Suspensi
Udah pada tau semua kan, suspensi belakang NMax rumornya keras banget? setel;ah saya test boncengan bertiga, ya emang keras, tapi gak pake banget. Kerasnya suspensi belakang NMax ini masih setara Vario 125 punya saya. Cuma berhubung suspensi depannya empuk, jadi rasanya agak aneh aja, kayak gak balance. Gimana nih Yamaha? Soal kenyamanan suspensi, PCX jauh lebih nyaman.

Fitur
Bagasi, biasa aja, cuma sedikit lebih luas dari vario 125, kalah jauh sama PCX
Jok empuk dan lebar, tapi masih kalah panjang dibanding PCX
Mesin powerfull, Rem Mantap
Kompartemen standar matic murah
Tangki bbm muat banyak
Dll

 

Kesimpulan
PCX maupun NMax cocok banget dipake harian dengan jarak tempuh yg cukup jauh.
PCX gak cocok buat penggila kecepatan, bakalan Bete habis! bahkan buat turing dengan kecepatan tinggi pun sangat beresiko, terutama di handling dan pengereman. NMax cukup asyik buat dibawa kencang, rem juga OK.
PCX sangat cocok dan nyaman buat riding santai bareng keluarga di dalam kota maupun ke luar kota. NMax cocok buat riding sama pasangan di dalam kota maupun ke luar kota dengan speed yang cukup tinggi. Fitur-fitur PCX bikin praktis dan nyaman, sedangkan fiture NMax yang paling menonjol hanya di mesinnya yang powerfull dan pengereman yang mantap.

Dengan harga yang selisih 12 jutaan, kalo suruh milih, saya milih NMax ABS. Kalo suruh milih antara PCX, NMax ABS dan NMax non ABS, jelas saya pilih NMax Non ABS yang lebih murah 4 jutaan dibanding NMax ABS dan lebih murah 16 Jutaan dibanding PCX 150. Hehehe…

46 thoughts on “[Test Ride] Honda New PCX 150 VS Yamaha Nmax 155 ABS

  1. Wew…mantap banget ulasannya…natural di posisi konsumen dan cukup jelas menggambarkan feeling pemakaian sepedamotor yg direview.

    Udah jarang banget ada review begini.

    Salam 20 detik yaa

    • Ane pernah coba punya temen, emang cenderung keras koq itu shock belakang vartech 125.
      lebih keras dari beat fi n xeon gt 125 punya ane.
      obyektif aja bro..

    • beberapa kali bonceng vario 125 temen rasanya emang keras, lebih keras dari soul gt (sama2 berboncengan) ntah joknya yang keras atau emang shocknya yg keras. gak tau vario yang lain lho ya, bisa jadi vario temen saya yang fail.

  2. Reviewnya mantabs kang. Jadi yakin. Oh ya untuk aksesories N Max kalo bisa di bahas ya. Terus untuk perpaduan warna modif kalo bisa dinahas juga,soale bingung milih warna n max.

  3. Yaaagh juragan pesan sama blog ini agar menghargai senior seperti juragan yang sudah malang melintang dari jaman majapahit. Kamu harus sungkem sama juragan.

  4. dapat referensi kesini dari salah satu blog senior.. well, komparasi yang obyektif kang.. bagus dibilang bagus, kurang dibilang kurang tanpa menjelek-jelekkan.. 😀

  5. sip deeh reviewnya.. jd mantep pilih skutik bongsor yg itu, rencana yg non-abs aja, modif kecil buat dipakein box givi e46.. suspensi dipertahanken saja, menimbang hasil review di atas.. kalo diganti ohlins khawatirnya malah keempukan jd kurang stabil..

    fitur buat cas hape jd minus yah.. hmmmm tp bisa diwakilin powerbank kapasitas besar lah ane kira.

    ane doain habis ini diundang pabrik sayap trus dapat dollar bro… biar ada hasilnya ngeblog hehehe..
    trusnya terserah masbro deh… mau tetep lurus² aja apa rada oleng kena kepakan sayap hahaha…

    peace deh.

  6. Joknya empukan PCX? Tumben, pengalaman saya naik vario 110, beat, vario125, joknya keras jika diduduki. Jok motor2 yamaha lebih empuk. Mungkin vendor busa jok PCX beda dgn skutik honda yg lain?

  7. trims review-nya, pas baru memantapkan hati dan inden yang non ABS putih hari ini, buat temannya scoopy yang udah mau 6 tahun. Awalnya memang agak ragu karena banyak komentar miring mengenai suspensinya N Max. Tapi berdasarkan pengalaman justru suspensi motor honda yang termasuk keras, tapi memang jarang yang komplain. Btw, keep the good review bro.

  8. emang suspensi nya ga bisa di setel ya? kalo matic sih gw lebih mentingin kenyamanan, kalo mau sport ya jgn pilih scooter.
    lagi nunggu suzuki join kelas ini, yg penting nyaman n bagasi bisa buat helm fullface.

  9. Nmax boleh juga buat pilihan sepeda motor touring yang nyaman untuk berkendara dengan harga yang jauh bersahabat dibanding PCX

  10. Mas gan. Lagi galau nih pilih vario 125 atau nmax non abs ya?

    Keperluan buat sehari2, ke mini market, ke pasar, and seminggu sekali pp tgr-jkt-tgr

    Vario 125 hrg 17-18jt. Nmax non abs 23.5jt

    • Wah susah jawabnya.

      Nmax menang di tampilan, lega, power mumpuni. Tapi wajib ganti shock belakang.

      Vario 125 menang di hemat bbm dan terbukti bandel. Perawatan pun bisa jadi labih hemat.

      Tinggal lebih butuh yg mana..

  11. Sebetulnya masih bimbang antara nmax & pcx. Yg blm diulas adlah mengenai fitur anti maling. Kalo di pcx, default nya fitur itu sudah ada dari pabrik, lha kalo nmax kan gak ada. Cb kalo nmax ada fitur spt itu dr pabrik, sy akan lbh mantep pilih nmax.
    Denger2 bisa dipasangin sih, tpi katanya sensor getarnya ga begitu sensitif…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *