Pentingnya Pasang Filter AC/ Kabin di Honda Mobilio Beserta Tutorialnya

Pentingnya Pasang Filter AC/ Kabin di Honda Mobilio Beserta Tutorialnya

Filter AC/ kabin adalah komponen yang sangat penting dalam mobil. Sayangnya belum banyak yang tahu bahwa Honda Mobilio belum dilengkapi dengan filter kabin. Artinya, udara AC bersirkulasi tanpa ada penyaringan! Bisa dibayangkan, debu dan kotoran terus menerus berputar melewati dan mengotori blower, evaporator dan saluran AC. Akibatnya, blower sangat cepat kotor, evaporator pun mudah tersumbat. Yang lebih berbahaya adalah udara AC yang dihirup penumpang adalah udara kotor yang tidak disaring.

Berikut ini dampak negatif jika mobil dibiarkan tanpa filter kabin:

Blower, Evaporator & saluran AC kotor

Jika terus menerus dialiri udara kotor, sudah tentu blower akan cepat kotor dan berdebu. Yang lebih riskan jika evaporator tersumbat oleh debu. Beruntung jika masih bisa dibersihkan. Ada kalanya evaporator menjadi rusak dan harus diganti.

Biaya Perawatan AC mahal

Sebagai gambaran, biaya cleaning blower dan evaporator tanpa membongkar dasbor berkisar 150 – 300 ribu rupiah. Itu pun hasilnya kurang maksimal. Sedangkan biaya cleaning blower dan evaporator AC dengan membongkar dasbor berkisar 400 – 600 ribu rupiah. Aktifitas cleaning ini harus rutin dilakukan jika mobil belum dipasangi filter kabin.

Udara AC kotor dan terkadang bau

Bro n Sist sering mengalami udara AC mobil berbau tidak sedap? Jika mobil Bro n Sist sudah dilengkapi filter kabin, maka tinggal ganti dengan yang baru. Jika belum, bisa jadi blower dan evaporator sudah penuh dengan kotoran. Harus dilakukan cleaning dan kemudian sebaiknya dipasangi filter kabin.

Memasang Filter Kabin/ AC Honda Mobilio

Tidak seperti Avanza lama yang benar-benar kosong tanpa box filter, Honda Mobilio ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan box filter. Sayangnya box filter Honda Mobilio ini kosong dan tertutup rapat alias mati. Jadi Bro n Sist harus membuat lubang di box filter dengan menggunakan Cutter, lalu dipasangkan filternya.
Berikut ini langkah-langkah pemasangan filter AC/ kabin Honda Mobilio, silahkan disimak Video berikut ini:

Persiapan.

Barang yang perlu disiapkan yaitu:

  • Filter AC, merek yang saya rekomendasikan yaitu merek KEN karena terbukti presisi dan memiliki Varian yang lengkap mulai dari standar (putih), Carbon (hitam), Carbon + anti bacteria (hijau), sampai Premium Carbon (warna coklat). Waspadai filter AC yang kekecilan, karena saat dipasang filter tersebut akan longgar sehingga penyaringan tidak optimal
  • Cover Filter, yang satu ini bisa menggunakan merek KEN, Sakura atau Kyoto, sama-sama bisa dipakai. Untuk yang paling presisi adalah merek KEN karena diproduksi oleh Vendor sekaligus anak perusahaan dari honda Prospect Motor yaitu PT. Duta Nichirindo Pratama.
  • Cutter, saya merekomendasikan cutter merek KENKO L500. Jangan lupa pisau cutter diganti dengan yang baru.

Cara Pemasangan Filter AC Mobilio

Cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

1. Lepaskan laci dasbor. Buka, kemudian tarik keatas. Perhatikan engselnya;

2. Box Filter akan terlihat di balik laci dasbor;

3. Membuat lubang berbentuk segi empat di box filter dengan menggunakan cutter. Lubang dibuat dengan mengikuti alur yang ada di box filter tersebut;

4. Masukkan filter AC/ kabin. Perhatikan tanda panah “flow”. Tanda panah mengarah ke bawah sesuai aliran udara yang dihisap oleh blower;

5. Pasangkan cover (penutup) box filter yang sudah disiapkan, kemudian pasangkan kembali laci dasbor. Selesai.

Setelah dipasang filter kabin, udara AC menjadi lebih bersih. Jika Bro n Sist memasang filter kabin KEN D-1937 CP (Premium Brown carbon) di Honda Mobilio, bisa dipastikan Bro n Sist akan langsung merasakan bedanya yaitu udara AC lebih segar dan wangi.

Yuk, mulai aware dengan pentingnya pasang filter AC di Honda Mobilio.

Silahkan dikomentari..

One thought on “Pentingnya Pasang Filter AC/ Kabin di Honda Mobilio Beserta Tutorialnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *