[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

Bro n Sist…

Kali ini saya coba membahas mengenai tank bag. Dulu saya pernah memiliki tank bag, pernah saya bawa ajrut-ajrutan ke puncak Talaga Bodas di tahun 2011 yang kala itu kondisi jalannya masih cukup parah. Alhasil, baru beberapa ratus meter, tank bag tersebut saya lepas lantaran cukup mengganggu dan cenderung bergeser kesana kemari akibat magnet yang kurang kuat. Dari situ saya agak kapok untuk menggunakan tank bag. Tank bag tersebut pun saya jual separuh harga. šŸ™‚

Di acara TVS Max 125 Banten Explore beberapa waktu lalu, saya berkesempatan menjajal beberapa produkĀ DonimotoĀ yaituĀ Camera HarnessĀ  danĀ Tank Bag. Camera harness sangat membantu saya merekam video perjalanan layaknya menggunakan action cam dengan hanya bermodal kamera pocket. Sedangkan tank bag membantu menyimpan barang-barang kecil seperti HP, Power bank, charger, sarung tangan, balaclava dan lain-lain.

Kembali ke tema tulisan kali ini, Tank bag yang saya gunakan dalam ekspedisi TMBE 2014 adalah Tank BagĀ DonimotoĀ tipeĀ J3 Adventure. Tank bag ini cukup unik, jika biasanya Tank bag terdiri dari satu buah tas, maka J3 Adventure ini terdiri dari dua tas yang disatukan dengan clip pengait.

[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

Tas bagiaan bawah terdapat coakan untuk tutup tangki BBM sehingga tank bag bagian bawah tidak perlu dilepas saat diperlukan untuk mengisi BBM. Maklum, tank bag ini diperuntukkan bagi penggemar off road yang kebanyakan menggunakan motor trail dengan kapasitas tangki terbatas.

[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

Tas bagian bawah terdapat coakan untuk tutup tangki BBM

Tas bagian atas memiliki bagian dalam dengan tekstur yang lembut, cocok untuk menyimpan barang-barang elektronik. Untuk pengguna kamera DSLR, tas bagian atas J3 Adventure ini bisa digunakan untuk menyimpan kamera DSLR dengan lensa kit terpasang, dan dua buah lensa fix dengan ukuran kecil.

[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

Bagian dalam tank bag Donimoto J3 Adventure

Untuk meletakkan tank bag ini diatas tangki, bisa dengan menggunakan magnet, bisa juga dengan menggunakan tali pengikat. Hal ini selain untuk mengakomodir para pengguna motor trail yang menggunakan tangki BBM dari plastik, juga untuk motor-motor tertentu yang menggunakan kondom tangki.

[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

Tali pengikat tank bag Donimoto J3 Adventure

Pada Expedisi TMBE 2014, saya memasangkan tank bag J3 Adventure menggunakan magnet. Bagian bawah saya isi dengan power bank, cable extention dan charger, sedangkan bagian atas saya isi dengan HP, kamera, balaclava cadangan, sarung tangan dan beberapa makanan ringan.

[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

Donimoto J3 Adventure terpasang di tangki TVS Max Semi trail

 

Berikut ini impresi menggunakan tank bag Donimoto J3 Adventure :

  1. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, tank bag ini cukup nyaman dipasangkan di tangki TVS Max tanpa mengganggu pengendalian motor.
  2. Magnet dari tank bag ini melekat kuat dan tidak bergeser walaupun motor diajak melibas jalanan bebatuan terjal di etape 3 (klik disini..)
  3. Saat menembus hujan lebat, dengan rain cover terpasang, dinding luar tank bag basah, sedangkan bagian dalam tank bag tetap kering.

Kesimpulan

Tank bag Donimoto J3 Adventure sangat cocok untuk menambah utilitas penyimpanan di motor, terutama barang-barang kecil yang sering dipergunakan di tengah perjalanan tanpa mengganggu kenyamanan saat berkendara. Dengan kapasitas yang terbatas, tank bag ini kurang cocok jika digunakan untuk membawa perlengkapan dan perbekalan berupa barang-barang dengan ukuran besar.

[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

5 thoughts on “[Review] Tank Bag Donimoto J3 Adventure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *