7 Detail Unik si Pengganggu LCGC Bernama IGNIS

7 Detail Unik si Pengganggu LCGC Bernama IGNIS

Bro n Sist…

Dua hari yang lalu Suzuki Indomobil Sales divisi roda 4 telah meluncurkan jagoan baru mereka yaitu Suzuki Ignis. Mobil mungil yang diberi julukan Urban SUV ini tampil unik dengan desain eksterior yang eksentrik namun sedap dipandang. Dengan harga jual mulai 139 jutaan OTR Jakarta, mobil ini disinyalir dapat mengganggu segmen LCGC macam Brio & Agya/ Ayla 1200.

Beberapa hari sebelum launching, saya berkesempatan melihat langsung serta menjajal (indoor) mobil ini di Main Dealer Suzuki Jogja Jl. Solo. Dihadirkan secara CBU dari Suzuki Maruti India, mobil ini tampak segar dan terlihat beda diantara mobil-mobil mungil lokal yang tampilannya kurang banyak berubah.

1. Desain Eksterior Unik

Yang paling menyita perhatian dari mobil ini adalah desain eksteriornya yang unik. Tampilan depan sekilas mewarisi desain Grand Vitara dengan sentuhan yang lebih dinamis dan imut. Sangat cocok dengan segmen aslinya yaitu City car. Hanya saja tampilan dari belakang agak sedikit kaku menurut saya.

2. Interior Dinamis

Beralih ke Interior, lagi-lagi IGNIS menawarkan sesuatu yang beda dibanding mobil-mobil mungil kebanyakan. Interior tampak simpel namun terlihat enerjik dan modern. Perpaduan warna hitam dan putih meghadirkan kesan dinamis dan tidk membosankan. Cakep…

3. Fitur Komplit

ABS, EBD, Dual Airbag, retrack mirror, climate control AC, kontrol audio dan penjawab telepon di kemudi, Keyless Engine start, serta masih banyak fitur lain yang tersemat di mobil ini, menjadikannya yang paling komplit saat ini untuk kelas mobil harga 150 jutaan. Setidaknya sebelum kompetitor mulai berbenah. 

4. Ruang Kabin Lega

Dengan bentuk semi boxy, Ignis memiliki keunggulan di ruang kabin. Baik baris depan maupun belakang terasa cukup lega. Saya dengan postur 175 / 70 masih cukup nyaman duduk di baris kedua mobil ini. Hanya saja, sandaran jok belakang masih terlalu tegak menurut saya. Meskipun masih lebih baik dibanding saudaranya yaitu Wagon R.

5. Material Cukup Baik

Jika dibandingkan LCGC, material interior mobil ini sedikit lebih unggul. Mulai dari jok yang dilengkapi 4 adjustable headrest, plastik dasbor yang kokoh sampai peredaman pintu yang baik menjadi salah satu keunggulan mobil ini. Satu yang kurang dari sisi material adalah door trim nya yang full plastik tanpa ada bagian yang dilapisi fabric.

6. Bagasi Luas dan Rapih

7 Detail Unik si Pengganggu LCGC Bernama IGNIS

Membuka pintu bagasi mobil ini tidak perlu menggunakan tuas tambahan layaknya Wagon R. Kunci bagasi menyatu dengan central lock layaknya mobil hatch back. Dengan kapasitas mencapai 267 liter, bagasi mobil ini tergolong sangat luas. 

Dilengkapi dengan panel datar menutup atas bagasi, mengingatkan saya pada bagasi VW Tiguan. Kesannya rapih dan elegan.

7. Ruang Mesin Kurang Rapih

Bertolak belakang dengan bagasi dan interiornya yang rapih. Ruang mesin justru terlihat sedikit berantakan. Bahkan ignition coil dibiarkan nongol tanpa diberi penutup. Semoga pihak Suzuki memperbaiki yang satu ini.

7 thoughts on “7 Detail Unik si Pengganggu LCGC Bernama IGNIS

  1. sayang interiornya warna terang yg dimana pemiliknya kalo jorok bakal ketawan banget.. ??

    tp bikin mood didalem mobilnya jadi lebih cerah, ceria, luas :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *