Video: Tutorial Persiapan Pengecekan Mobil untuk Mudik Lebaran

Video: Tutorial Persiapan Pengecekan Mobil untuk Mudik Lebaran

Bro n Sist, Musim mudik 2017 akan segera tiba. Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di kota-kota besar, liburan lebaran tentunya akan dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman demi bersilaturrahmi dengan orang tua, juga sanak saudara. Berbagai macam sarana transportasi dapat dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman. Baik trasportasi umum maupun menggunakan kendaraan pribadi.

Menggunakan kendaraan pribadi sampai saat ini masih menjadi favorit bagi para pemudik untuk menuju kampung halaman. Alasan utamanya tentu saja karena lebih fleksibel, dan juga kendaraan bisa digunakan untuk kegiatan di kampung.

Bagi Bro n Sist yang akan mudik 2017 dengan menggunakan mobil, ada baiknya mulai mempersiapkan mobil muali dari sekarang. Berikut ini adalah video singkat tentang persiapan mobil untuk mudik, persembahan dari KDGI Joga dan Proleevo.com. Silahkan disimak…

Berikut ini adalah beberapa pemeriksaan mobil yang sebaiknya dilakukan sebelum bepergian jauh atau mudik lebaran 2017 :

Pengecekan Aki (Accu)

Pengecekan Aki perlu dilakukan untukj memastikan bahwa aki kuat untuk mensuplai kebutuhan arus listrik untuk mobil. Terutama untuk starter. Pengecekna aki sebaiknya dilakukan dengan menggunakan AVO meter. Namun jika tidak memiliki AVO meter, kekuatan arus aki bisa dilihat dari indikator warna yang ada di bagian atas aki. Hijau artinya aki dalam kondisi baik, hitam artinya sedang, putih artinya aki sudah tidak layak pakai. Lebih jelasnya silahkan simak Video diatas.

 

Pengecekan air radiator

Pengecekan air radiator SANGAT perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan bahwa fungsi radiator yaitu mendinginkan mesin berjalan dengan baik. Jika air radiator kurang, makan fungsi pendinginan tidak optimal dan akan mengakibatkan mesin over hat alias panas.

 

Pengecekan Air Washer

Air washer atau disebut juga cairan pencuci kaca sebaiknya terisi penuh. Air washer ini sangat diperlukan untuk membersihkan kaca depan mobil saat melintasi jalanan yang becek terkena hujan sehingga mengotori kaca depan. Jika air washer habis, maka kaca depan tidak dapat dibersihkan secara langsung dan harus menepi, tentunya cukup merepotkan. Tabung penyimpanan air pencuci kaca depan ada dibalik kap mesin. Silahkan simak Video.

 

Pengecekan Oli Mesin

Pengecekan oli mesin MUTLAK diperlukan sebelum melakukan perjalanan jauh atau mudik 2017. Oli mesin yang kurang akan mengakibatkan kinerja mesin terganggu dan akan merusak komponen mesin.

Pengecekan oli mesin mobil dapat dilakukan dengan cara mencabut dipstik oli, lalu bersihkan dengan lap atau tissue, kemudian masukkan kembali dipstik oli, lalu angkat kembali dan perhatikan ketinggian oli. Ketinggian oli mesin harus berada diantara batas minimal dan maksimal. Oli yang kurang dari batas minimal akan merusak komponen mesin. Begitu juga oli yang terlalu banyak dan melebihi batas maksimal, akan mengakibatkan kinerja mesin menjadi berat sehingga akan merusak komponen mesin.

 

Pengecekan Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban sangat penting untuk selalu kita perhatikan. Karena hal ini menyangkut keselamatan berkendara. Tekanan angin ban yang terlalu tinggi, akan mengakibatkan ban rawan pecah saat terkena panas akibat melaju di kecepatan tinggi. Sebaliknya, tekanan angin ban yang kurang, akan mengganggu pengendalian mobil sehingga mobil rawan oleng.

Tekanan angin ban bisa dicek dengan menggunakan pengukur tekanan alias Pressure gauge. Caranya, silahkan simak Video diatas.

 

Pengecekan Ssaklar-saklar Kelistrikan

Pengecekan saklar-saklar kelistrikan sangat penting untuk memastikan semua saklar/ tombol berfungsi dengan baik. Pengecekan ini meliputi: Lampu utama, lampu jauh, sein, lampu belakang, lampu rem, lampu mundur, lampu hazard, klakson, wiper dan washer. Pastikan semuanya berfungsi dengan normal.

 

Pengecekan Kelengkapan peralatan darurat

Peralatan darurat sangat mutlak diperlukan jika ingin mengadakan perjalanan menggunakan mobil, bahkan untuk jarak dekat sekalipun. Oleh karena itu, kelengkapan peralatan darurat harus rutin dicek. Peralatan yang harus selalu standby adalah: Dongkrak, segi tiga pengaman, kunci roda, sambungan towing, kunci dongkrak dan perlengkapan P3K.

Itu dia pemeriksaan dan pengecekan mobil untuk mudik atau perjalanan jauh, semoga bermanfaat.

Silahkan dikomentari.

2 thoughts on “Video: Tutorial Persiapan Pengecekan Mobil untuk Mudik Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *