[Review] Velg Power Tapak Lebar di Vario 125

[Review] Velg Power Tapak Lebar di Vario 125

Bro n Sist…
Beberapa waktu lalu, saya udah nulis review dua tahun bersama Vario 125 (klik disini..). Jika Vario merah ini berusia 2 tahun, itu artinya velg tapak lebar yang terpasang juga sudah berusia dua tahun. Yup, velg tersebut langsung gantiin velg aslinya saat STNK motor keluar. Kali ini saya coba review penggunaan Velg Lebar di Vario 125.

Spesifikasi dan harga
Saya pake velg lebar merek Power tipe “Sun”. Ukuran 2.15 inch depan dan 2.5 inch belakang. Awalnya saya cari tipe “Rose” atau tipe “Star”, berhubung kedua tipe tersebut gak ada yang warna putih, jadilah saya pasang yang tipe “Sun” ini.

Velg belakang saya pasangin ban FDR Sport XR 120/70-14, setelah sekitar 8 bulan ganti ukuran 110/80-14, sedangkan velg depan saya pasangin ban standar belakang Vario 125 yaitu Federal 90/90-14 sampai sekarang.

Velg ini saya beli di salah satu toko di Jl. KH. Hasyim Asyari Ciledug – Tangerang dengan harga velg pada waktu itu sekitar 850 ribu, sedangkan harga ban FDR sekitar 270 ribu. Total sama ongkos pasang + pentil tubeless + cairan anti bocor sekitar 1.1 juta.

Ground Clearance lebih tinggi
Pake velg n ban lebar bikin ground clearance makin tinggi. Berguna banget saat buat lewatin polisi tidur di sekitar komplek rumah saya yang jumlahnya sekitar 19 buah dengan ukuran jumbo. Terlebih lagi saat harus melewati Citra Raya Cikupa yang jumlah polisi tidur nya mencapai seratus buah. Hehehe..

Dengan ground clearance tinggi, vario 125 saya ini udah ga pernah nyangkut polisi tidur lagi, walaupun setelah pindah ke Jogja agak kurang berguna, karena ternyata disini jarang banget polisi tidur, polisi bangun juga jarang, apalagi polisi gopek, disini sangat jarang kalo dibanding di Tangerang. ?

Skip..skip.. Malah ngelantur.. ????

Handling motor lebih stabil
Entah beneran atau cuma sugesti, yang saya rasain, Vario saya yang merah ini lebih stabil jika dibanding Vario saya yang hitam yang masih pake velg standar.

Traksi ban lebih oke
Kalo yang ini sebenernya ban yang lebih berperan. Tapi velg tapak lebar memang bikin ban lebar jadi mekar, gak ngedonat. Coba kalo velg standar dipasang ban 120/70-14 hasilnya pasti ngedonat, dan traksinya pun kurang baik.

Traksi yang oke ini berguna banget saat harus ngerem mendadak dan saat ngerebah di tikungan. Jadi lebih pede.

Tarikan awal berat
Vario 125 emang dari lahir kurang responsif, tarikan awal masih kalah sama honda beat. Vario saya ini setelah pake velg lebar makin berat lagi tarikan awalnya. Tapi kalo udah 60kpj, udah mulai keluar tenaganya.

Kuat hajar lobang
Orang bilang velg merek Power ini gampang peang atau gampang pecah. Alhamdulillah punya saya ini aman-aman saja.
Beberapa kali hajar lobang di kecepatan sedang, masih aman. Yang paling parah saat touring 5 Provinsi bulan Agustus lalu, motor saya ini tiba-tiba menghajar lobang yang cukup dalam di daerah kebumen dengan kecepatan sekitar 80 km/jam. Sampe-sampe saya berhenti sebentar buat ngecek. Ternyata aman. Mudah-mudahan aman seterusnya.

Tampilan lebih kekar
Nah, ini bonusnya. Selain lebih aman, lebih nyaman, pake velg tapak lebar juga lebih enak dilihat. Apalagi warna putihnya yang kontras dan senada dengan warna top box, makin keren deh (kata yang punya) hehehe…

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

 

Simak juga:

3 thoughts on “[Review] Velg Power Tapak Lebar di Vario 125

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *