[Review] Setahun Bersama Nissan Grand Livina

[Review] Setahun Bersama Nissan Grand Livina

Bro n Sist…

Dalam perjalanan luntang-lantung saya selama ini, beberapa kali saya tidak menggunakan sepeda motor melainkan menggunakan kendaraan harian saya yaitu Nissan Grand Livina tahun 2012.

Kali ini saya mencoba mereview kelebihan dan kekurangan Nissan Grand Livina milik saya.

[Review] Setahun Bersama Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina adalah mobil harian saya yang ke tiga setelah Karimun Estilo di 2007-2008, dan Avanza G di 2008-2012. Berdasarkan kenyataan tersebut, tentunya review kali ini akan sedikit bersandar pada komparasi Nissan Grand Livina dengan mobil harian saya sebelumnya.

1. Kenyamanan

Di kategori ini kekuatan Nissan GL tak terbantahkan lagi jika dibanding dengan mobil sekelasnya (150jt – 200jt). Suspensi yang lembut, kabin yang senyap, ruang kaki yang lapang, AC yang terlalu dingin sampai steer yang super ringan membuat mobil ini sangat nyaman untuk dipakai harian.

2. Handling

Untuk urusan handling, disini letak kekurangan Nissan GL, suspensi yang lembut ditambah dengan bodi mobil yang panjang, menjadikannya sedikit limbung jika diajak bermanuver di jalanan berkelok. Namun demikian, mobil ini sangat stabil di jalanan lurus, bahkan di kecepatan diatas 100Kpj.

3. Konsumsi BBM

Konsumsi BBM Nissan GL bisa dibilang “fantastis”. Bayangkan saja, mobil 1500cc 7 seater konsumsi BBMnya 15kpl kondisi harian dan 17kpl jika dipakai keluar kota. Bahkan lebih irit jika dibandingkan dengan xenia 1000cc sekalipun.

4. Maintenance

Banyak yang bilang Nissan GL mempunyai penyakit bawaan lahir yaitu joint steer dan kompresor AC lemah. Hal ini tentunya juga menjadi pertimbangan buat Bro n Sist yang akan meminang Nissan GL. Pengalaman saya pribadi, selama setahun pemakaian sejauh 35000km hanya mengalami masalah baterai remot habis sehingga buka tutup pintu dilakukan secara manual, masalah pun beres setelah mengganti baterai remot seharga Rp.10.000,-.

[Review] Setahun Bersama Nissan Grand Livina

5. After Sales Service

Dalam hal ini Nissan memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu Nissan memberikan garansi mesin hingga pemakaian 100000Km / tiga tahun. Lebih jauh jika dibanding merek lain yang rata-rata hanya memberi garansi sampai 50000km / tiga tahun. Nissan juga memberikan service gratis di 1000km dan 10000km lebih baik jika dibanding merek lain yang rata2 hanya memberi service gratis di 1000km.

Untuk biaya service terbilang standard yaitu berkisar 700ribuan. Yang paling membuat saya terkesan dengan bengkel resmi Nissan (khususnya Nissan Jatake) adalah follow up kepuasan customer setelah 1 minggu service serta adanya garansi 2 minggu hasil service, “wow”.

6. Fitur Keselamatan

Di Nissan GL saya (type SV) yang tergolong varian termurah ini sudah dilengkapi “side body impact” yaitu berupa rangka tubular yang kokoh di bodi samping yang diklaim mampu membantu meredam benturan. Selain itu di type ini juga sudah dilengkapi dengan “self steer release” yaitu steer akan terlepas dan jatuh dengan sendirinya jika terjadi benturan. Tentunya saya berharap tidak akan pernah menggunakan fitur2 tersebut. FYI, untuk Nissan GL type tertinggi sudah dilengkapi dual airbag, ABS, EBD dan lain-lain.

Kesimpulan

So far so good, valuable banget, worth it banget.

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

Baca juga :

Review Dua Tahun Bersama Nissan Grand Livina

Bersahabat dengan Macet

 

Buat yang penasaran sama SUZUKI IGNIS, silahkan disimak Video berikut ini:

 

127 thoughts on “[Review] Setahun Bersama Nissan Grand Livina

  1. Pernah bawa Livina XV 1500, emang setirnya ringan banget, nyaman-lah untuk harian, apalagi yang otomatis. Pengennya ambil yang 1800cc, soale yang 1500cc kayaknya tarikan kurang responsif, rada lemot, padahal cuma isi 2 orang.
    Sayang Livina keluaran 2011 ke sini dashboard-nya malah hitam, gak beige lagi, hilang nuansa mewahnya 🙁

      • kalo taunnya malah nggak merhatiin bro..yg pasti sih pas itu dia bawa sampai >120 nggak kerasa..atau mungkin pas dia njajal sampe hampir 180 itu boilnya lama nggak di spooring jd kurang stabil..
        kalo dia sih biasanya bawa vw combi bro..

  2. saiki larang yo? dulu jaman aku beli jazz sport vtec , sempet mau ambil g livina pas masih baru barunya , tapi ga jadi 😀 , dan saat itu grand livina masih di kelas 140 jt an dibawah harga vtec xixixixi

  3. ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝

  4. iya ni mas bro, rencananya sih ane mau ganti GL, tp masih buta ama fitur nya, bisa di share lg gak mas bro kelebihan sm kekurangannya vs ertiga….

  5. untuk kenyamanan dan mesin pada putaran atas, GL memang yahud untuk kelas mpv.
    GL 1.5 aja putaran atasnya bisa ngasepin ertiga, yaris, innova, veloz, jazz vtec. apalagi 1.8 M/T pernah tembus 205km/h gas masih ada sisa sedikit. 🙂

  6. Antara GL vs Ertiga hasil pengalaman pribadi.

    ertiga : kabin lebih senyap, sempit, tarikan bawah agak nendang di banding GL tapi putaran atas ertiga tidak sanggup melawan GL, suspensi jika melewati jalan berlubang bantingannya sedikit empuk dibanding GL tapi agak limbung dari GL, bbm 11-13 lah keiritannya dengan GL, suara audio lebih ngebass dibanding GL. pernah coba bawa ertiga GX punya temen rpm 5rb an speed 160km/h. segitu aja sudah terasa sangat berat tidak seperti GL.

    GL : kesenyapan kabin antara GL dan ertiga 11-13, sempit, untuk mesin putaran bawah agak loyo sedikit tapi putaran atasnya ngisi terus maknyus, untuk keempukan suspensinya sebenarnya jika di isi penumpang sama2 6orang GL sangatlah empuk dibanding ertiga namun GL lebih keras jika melewati jalan berlubang dibanding ertiga. tapi yang pasti GL lebih lebih stabil pada kecepatan tinggi (handling lebih oke), GL lebih irit, posisi duduk menyetir lebih nyaman GL lah pasti :). pernah coba bawa GL 1.5 HWS punya om saya tembus 195km/h sudah mentok tok tok rpm 6500 an.

    saya sendiri pengguna GL ;). Apabila anda jatuh hati kepada GL lebih baik pilih yg 1.8 m/t 6speed aja, dijamin ketagihan.

  7. sy pemilik GL 1,8 hws at 2012, kelebihanya :
    – overall mantap dibanding kompetitornya…
    – handling ok, tarikan mantap
    – ebd & abs-nya berfungsi dg baik, pernah ngerem mendadak zigzag dari kecepatan di atas 100kph stabil
    – sejauh ini blm ada keluhan semua kekurangan yg ada sepertinya sdh diperbaiki
    – exterior, interior, safety ok,
    – bbm 1:10 rute campuran, fantastis jika ke luar kota 1:12.

    kekuranganya :
    – ac kadang terlalu dingin coba kalo pake yg auto climate control
    – jok kulitnya murahan & keras maklum mengejar harga jual murah
    – transmisi at-nya harusnya minimal 5 speed, jika kecepatan tinggi di tol o/d-nya tanggung
    – mekanisme pelipat kursi jok kedua kurang praktis
    – minus auto door lock by speed, tp serie 2013 sdh ada

  8. GL sudah menggunakan teknologi “drive by wire”, untuk gas (throttle) nya sudah tidak menggunakan kabel/tali lagi, melainkan menggunakan sensor elektronik. teknologi ini biasa diaplikasikan di mobil2 mewah. Gejala seperti di mobil bro alfian itu bisa disebabkan ada salah satu sensornya yang kotor atau tidak berfungsi CMIIW. Coba cek ke service centre nissan saja bro…

  9. mau nanya ni bro….saya punya grand livina automatic thn 2008,bila ac dihidupkan suara mesinnya agak kasar mohon informasi bagaimana mengatasinya..

  10. Suara mesin apa suara kompresor AC?

    di mesin mobil ber AC ada yang namanya “idle up” fungsinya untuk menaikkan putaran idle/langsam mesin saat kompresor AC bekerja dengan maksud agar mesin mampu memutar kompresor tersebut. nah… maka dari itu saat mesin mobil langsam lalu kita nyalakan AC seketika putaran mesin naik dan suara mesin sekilas terdengar kasar dan hal tersebut normal. CMIIW.

    Untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi service center nissan terdekat.

  11. Saya memutuskan membeli all new grand livina x gear 2013 pada bulan ini nyaris tanpa pertimbangan selain iklan dari Marketing yg saya terima. Kelebihan2 berdasarkan pengalaman kawan2 pemakai x gear seri sebelumnya apa ya…? Mohon share nya… Tks

  12. xv aku 2007, tangan pertama,
    menambahi kekurangan, harus pakai pertamax kalau nggak mau knocking / nggelitik / banting klep

  13. Nissan GL emang Oke..tapi ada baberapa case setah konsul sama bengkel, permasalahan nissan GL paling sering adalah pada businya..1 bulan sekali ganti busi…ditambah harga bisinya cukup mahal. 125 ribu/busi.

  14. Saya pakai grand livina th 20111, type XV,1.5,,,,yg saya rasakan selama ini ketika pakai GL..mobil sering mati di lampu merah, torsi sering drop di dr stop utk jalan,,, parkir mundur agak menanjak mesin sering mati

      • Om andy, GL saya XV 2012 biasa pake pertamax tapi pas mudik kemarin di kampung pake premium..medan yang cukup berat untuk mobil GL (karena kampung sy di kaki gunung ciremai) tapi alhamdulillah tidak ada kendala untuk naik menanjak yang curam dan jalan berpasir..semua lancar jaya…

        • kali gl xv aku aja yg udah uzur ya 2007 😀 :-D,,
          nggak kayak gl om om sekalian yg masih muda,,
          tapi baru dapat review plus minus setelah kita pake 3 tahun keatas, percaya deh..

  15. Wah sama neh om tunggangannya, saya XV MT 2012..so far saya + keluarga sangat puas dengan GL..apalagi dibawa mudik kemarin sangat nyaman untuk keluarga..

  16. just share….ane baru ambil GL 1.8 m/t 2012… buat mudik ke yogya, pake bensin sialan (pertamak) konsumsinya 1:14.2. di tol buat ngasepin juke gampang aja. kesimpulan ane buat driving pleasure, boleh lah..

    Cuman Bini ane ngeluh, blower AC kegedean, kayak lagi dagang sate…ampun dah. semoga aja nissan bisa koreksi utk satu ini.

  17. Pingback: Bersahabat dengan Macet | proleevo

  18. menurut saya cabin Nisan GL 1.5 Xv thn 2011 baunya sedikit kurang nyaman apalagi ketila a/c dijalankan lebih terasa lagi. mungkin ada yang punya solusi ya…?

  19. Pingback: “Mandiri E-Toll Card” Mengecewakan! | proleevo

  20. 4 tahun menggunakan Nissan Grand Livina 18XV 6Speed Autech M/T Alhamdulillah ga ada keluhan, kecuali aki itupun mungkin krn kualitas aki sekrg yg memang rata2 umurnya cuma tahan 1,5 sd 2 tahun ganti… pernah ngerasain 170kpj di awal2 tahun skrg dah jarang…kecuali kepepet/emergency (ngasepin Juke,Pajero,fortuner apalagi ertiga/spin/avanza/xenia/innova …lewattt)

  21. sy pakai grand livina th 2013, secara umum nyaman, ada satu kelemahan yg sangat fatal,,,ketika jalan menanjak tajam terasa berat/lemot, dan ketika jalan menanjak dan padat, utk mulai strat lagi terasa berat kadang mundur. (sy kira karena livina ini berpenggerak roda depan) cukup mengkuatirkan untuk jalan menanjak tajam dan padat tanpa terasa tenaga.

  22. Baru beli all new GL 1.5 HWS matic 2013. test bahan bakar 1:9,2 dlm luar kota.. kabin kurang senyap, bunyi gluduk2 terasa banget terutama jalan di non aspal hotmix.. ada yg gak beres kan?

  23. SAya punya nissan grand livina thun2011 2013 mesin nya OK dan kuat kok. ,tapi satu masalah mobil saya adalah torsi mesin kurang kencang…

  24. gabung ke klik(komunitas livina kaskus). ane jamin ente ga nyesel milih livina setelah liat gL nya suhu2 di sana…(problem tanjakan itu cuma isu merek lain om,lemot itu ada sulosi nya, tapi irit itu standar livina hehehehe

  25. @ all pake asuransi mobil apa?Kmrn ane parkir mundur menanjak tp knp ga tau salah injek gas alhasil nabrak pagar rumah smp body pintu sobek dan harus ganti pintu.

  26. mau sharing…
    Saya pemakai GL XV 2007 manual…sejauh ini alhamdulillah blm ada keluhan yang penting…pake premium..saya sering pulang ke Madiun lewat TAWANG MANGU dan CEMORO SEWU…kami sekeluarga berempat (istri plus 2 anak, kira2 berat total 230 kg) plus beberapa barang…untuk nanjak kok gak ada masalah ya…pernah sekali saya bawa ke BROMO sampai parkiran/tanjakan terakhir…juga gak masalah kok…KUNCINYA: karena GL pake drive by wire, jangan langsung di gas pol…gak akan mau…masuk pelan dulu 2-3 detik, otomatis tenaga langsung ngisi…selama ini itu yang saya lakukan…gaya nyetir di tanjakan sangat berbeda dengan jalan lurus…

    Masalah BBM meter (penunjuk bensin), alhamdulillah sekian lama pake juga gak masalah…kalo kompresor AC, biasanya sedikit lebih keras HANYA saat pertama AC dinyalakan..,setelah itu suara haluus banget..

    Oya..info tambahan…saya pake oli Mobil 2000…10W40..tarikan enteng dan mesin halus…

    Kekurangan pasti ada (termasuk semua mobil MPV)…namun untuk dipake harian gak mengganggu kok…wajar2 aja…lewat medan berat pun belum tentu setahun sekali…

  27. saya punya GL XV all new 2013…..rencana mau saya over kredit karena garasi saya kurang panjang….jadi melebihi pagar rumah saya……yang minat bisa hub saya di 085-727-092-490 pin : 24CF796A….saya beli bulan Sept 2013…..kondisi mulus 90% new….thx

  28. Saya agus

    Saya punya Livini 1,8 ultimate,,,,,,,tp posisinya mobil ada di rumah jawa tengah sedangkan saya d jakarta. yang sering panasin mobil istri sy, naah trakhir kmarin pagi masih bisa di starter, tapi hari ini sudah tidak nyala .
    klo boleh taw itu masalah di apanya ya om?
    atw klo akinya saya lepas trus nanti klo pas mau pakai baru saya pasang gt ada pengaruh nggak ya om??

    mohon infonya,,,

    Terima kasih

  29. Kalau untuk AC yang hembusan anginya lenceng, bisa diganti dengan resistornya dengan nissan Livina, saya pemekai All new nissan 2014 sudah diganti di bengkel resmi , ac gak kedinginan Bro, harga sekitar Rp 350 ribu

    • Naah, sekalian share all new nissan grand livina yang udah pake engine nissan juke, terutama konsumsi bbm, apakah sama iritnya dengan nissan grand livina lama. Kalo ga keberatan silahkan ditulis disini om. 😀

  30. makin irit pasti.. karena sudah menggunakan teknologi CVT ( Continuously Variable Transmission )
    Ditambah dengan fitur keselamatan double airbag ( driver & passanger )
    dari tipe yg paling rendah hingga tertinggi
    Untuk warna interior pun sudah terdapat 2 pilihan warna.. Beige ( krem ) untuk tipe grand livina ( sv , xv , hws ) dan black ( hitam ) untuk x-gear 2 baris maupun 3 baris
    Penasaran dengan All New Grand Livina ?Mau Test Drive ?Mau ???
    Hubungi :
    Andy ( Nissan Puri Indah )
    0813 9909 3663

  31. untuk AC GL emang paling adem.
    kemarin harga all new tipe SV di awal tahun di 160jutaan untuk wilayah jogja, tapi unit 2013. apa sudah naik ya?

  32. Saya pake gl th 2007 kl lg jalan kadang suka ga bisa di gas …diinjak injak gasnya jg ga ada tarikannya dan kl pas lampu merah tidak diposisi N dgn di injsk rem mobil agak ndut ndutan kl didiamkan kadang mati, apanya ya mohon bantuannya

  33. saya malah terkejut ,baru beli GL tahun 2009 remx ngeblong .entah kenapa ?
    masak masuk angin ? trus gmana cara mengatasinya

  34. Gan, ane ada plan mau minang GL, tolong review nya untuk GL 2014 dari sisi safety, effesiensi dan kelebihan kekurangan saat jalan.
    Tengkiu banget sebelumnya gan…..

    • Waduh, saya belum punya pengalaman sama GL 2014. Tapi untuk sisi safety sepertinya tidak ada pengurangan dari pendahulunya, malah di beberapa seri sudah ada penambahan ABS dan Dual airbag.

      Untuk sisi efisiensi saya gak tahu, karena GL 2014 pake mesin nissan Juke.

  35. salam kenal semua,
    saya pemakai avanza veloz generasi pertama (beli Baru), dan saya sudah memakai avanza veloz matic 1500cc ini dari bln maret 2012. sedikit review, sejak awal pakai mobil ini, sudah ada beberapa problem, diantaranya adalh suka terdengar bunyi “GLEDUK” dibagian belakang bawah saat melintasi polisi tidur. dan problem yang lain adalah juga masih sekitar bunyi2an, yaitu terdengar suara “ketek” dibagian depan kanan depan, dan sampai sempat diperikasa oleh 2 bengkel auto 2000 dan bahkan sampai ditinggal 3 hari untuk dibongkar, tetapi tidak solved juga problemnya. dan setiap kali turn around (putar kiri / kanan – stir patah) suka terdengar suara juga dari kaki2 depan – suara “DEK” dan terasa seperti bannya bergeser. dan terakhir, adalah problem bunyi AC blower belakang, terdengar bunyi seperti ada bagian yang lepas “tek-tek-tek” dan sudah juga saya komplain dan diperbaiki ketika service rutin, dan tetap masih ada bunyinya. dan pengalaman saya selama mengendarai mobil ini, PER nya terasa keras dan kaku juga kurang nyaman saat di jalan TOL.
    tetapi bersyukur, pada bulan oktober 2014 ini saya mendapatkan mobil baru, yaitu All New Grand Livina 1.5 XV matic. wuaah..sejak awal mengendarai mobil ini, sangat terasa jauuuuh berbeda dibanding avanza veloz saya sebelumnya, baik dari sisi PER, kestabilan saat di TOL, material mobil, baik body dan plastik interior maupun karet2 pada pintu2 mobil, All new grand livina jauh lebih “NYAMAN” dibandingkan avanza veloz. Ok, kesimpulan saya adalah, dengan harga avanza veloz sekitar Rp. 185Jtan dan all new grand livina Rp. 189,5Jtan (harganya Rp. 215 – Rp. 25,5jt(promo khusus)) maka sangatlah mahal untuk mobil avanza veloz dengan segala material dan kenyamanan yang ditawarkan Toyota dan juga yang sudah saya rasakan selama ini. memang kalau untuk tarikan awal, avanza veloz terasa lebih responsiv daripada Livina. tapi untuk konsumsi bahan bakar Livina lebih irit sedikit dari pada veloz.
    demikianlah sharing saya ini, dan mohon maaf apabila ada salah kata karena saya disini hanya membagikan pengalaman pribadi saya. terima kasih

  36. Pingback: Google Alert – Liburan Bersama Keluarga | Cubahoy

  37. kalo vs Jazz RS om? mohon pencerahannya dari segi kenyamanan dinaikin keluarga ( istri plus anak2 ) keluar kota diakhir pekan khususnya..maklum dipakenya khusus traveling luar kota nengokin nenek nya..tx bgt

    • Waduh, saya belum familier sama jazz RS. Pernah coba punya teman, Kalo sekilas, Jazz lebih stabil dan lebih responsif dari G.livina, kabin juga lebih kedap. tapi ground clearance terlalu rendah kalo menurut saya.

    • Saya pengguna GL 1.5 XV tahun 2007 dan kebetulan istri RS 2010. Setelah beberapa tahun ini kami bisa sampaikan bahwa RS sukses ditanjakan,handling responsif dan lincah.sedangkan GL mantab di kenyamanan,suspensi empuk,kedap,irit dan yang pasti cocok untuk bawa keluarga besar

  38. mas, saya mau tanya, perbandingan konsumsi GL HWS 1.5 vs HWS 1.8 berapa vs berapa? lebih di sarankan yg mana?? terima kasih

  39. boong aja ni,,,, gua punya grand livina sejak 2008, belum setahun ada masalah ama setir…. sekarang banyak masalah…. di bengkel karena engine mountngnya, shock breaker dan coil nya…. lumayan habisnya….KAPOK neli Nissan…

    • Saya sekedar sharing pengalaman saja, saya share apa adanya berdasarkan pengalaman saya sendiri.

      Anda kecewa dan kapok dengan Nissan itu hak anda sepenuhnya, yang saya tanyakan, atas dasar apa anda menuduh saya berbohong?

  40. saya juga pakai GL 1,5 HWS nyaman enak meskipun angkut 6 orang dewasa cuma saya nggak tahu perbedaan performance mesin juke di GL 2014 dibanding mesin GL sebelumnya,ada bisa bantu,mksh

  41. saya ada rencana beli gl sv 2012… kalo mau liat spesifikasi, kelebihan dan kekurangan secara detail…adakah situs yang bisa saya akses… dan juga untuk mengetahui perbandingan dengan ertiga, avanza dan mobilio?

  42. Om leevo pakenya dimana aja yaaa? Bisa 15 kpl dalkot, luar kota bisa 17, saya kakinya bisanya 12.9, menthokk nya 13.1, krn jalan d bogor kdg muaceettt…. (All new livina 1.5 hws 2014

  43. Mas Leevo, saya mau nanya masalah AC GL yg bukan dobel blower apa penumpang baris ketiga masih bisa merasakan dinginnya AC, soalnya saya lihat GL yg baru juga blm ada fitur Dobel blower. Tks

  44. suhu suhu sekalian mohon pencerahan, grand livina saya xv 18 manual, mengalami getar di pintu belakang ketika melewati jalan tidak rata, perlu saya informasikan hidrolik pintu belakang saya rusak sudah 2 minggu ini, sehingga harus tahan pakai tangan sendiri 😀
    apakah ada kaitannya antara kedua hal tersebut diatas?
    apakah ada solusi yg dapat para suhu sekalian berikan kepada saya.
    terima kasih

  45. Siang gan..mohon info, ane mau cari GL atau jazz RS, ane susah mau ambil yang mana? Sedangkan nntinya, rencana mau ane pake nyangkul -+50km (trip PP berarti 100km), mohon saran, ane harus pake GL ato jazz RS? Tengkyu..

    • om setjo….saya sarankan beli GL, pengalaman saya selama hampir setahun wira wiri tiap hari perjalanan Balikpapan-Samarinda pake GL 1.5 XV tahun 2007 standart( +- 130 Km) ( PP berarti 260 Km) pake GL nyaman2 saja, irit BBM ( sehari cepek /premium), handling enak terutama jalanan berkelok kelok di bukit suharto( ditambah pake Stut Bar depan) dan lumayan kencang. saya pernah pake jazz RS 2011 punya bini lumayan boros, dan kena lubang sedikit terasa getarannya.

  46. Terima kasih Mas Proleevo buat review dan sharing pengalaman pribadinya,bermanfaat nih.
    Semoga tambah sukses dunia dan akhirat, aamiin..
    Review2nya Jadi pertimbangan yg bagus bgt nih buat yg mau ambil Grand Livina, memang tiap mobil punya plus & minusnya tapi secara overall memang Grand Livina sangat memuaskan yah mas sesuai dgn harga belinya(value for money) tapi juga bukan mobil murahan.
    O ya hati2 buat semua pembaca dan mas Proleevo, “Hati2” semenjak awal keluar grand Livina dari 2007 dulu sy perhatikan memang sudah banyak upaya2 “black campaign” dari pabrikan2 jepang “sebelah”, ada saja yg meniupkan isu2 jelek dan negatif soal Grand Livina dan Nissan seolah2 pabrikan idola dia bebas tanpa cacat dan masalah? Haha..
    padahal kalo mau di “googling” dalam bahasa inggris maupun indonesia tentang merk2 jepang sebelah ditambah kata2 “recall” atau “masalah” & “scandal”, bakal kaget tuh ternyata pabrikan jepang sebelah juga lebih banyak bgt masalah.. Giliran Nissan aja langsung ada upaya2 mem “blowup” walaupun itu hanya segelintir kasus.
    Menurut sy mungkin mereka ini sudah mulai merasa ketar ketir juga dgn Nissan, Nissan yg mulai bangkit di tahun 2000an ini dari dulu sudah terkenal dgn mobil2 DNA balap juaranya seperti di mobil2 nya Nissan Skyline series, GTR dan Nissan fairlady. Blum lagi skrg Nissan jadi pabrikan jepang terlaris di China,Russia,Brazil, dan Jerman yg notabene negara2 maju dan tidak bodoh. Serta Nissan nomor 6 terbesar didunia saat ini.
    Di negara2 maju seperti Jerman kan yang orang2nya mungkin lebih kritis dan cerdas dalam memilih dan berpikir bukan hanya beli mobil mikirin harga jualnya saja, hehe.. 🙂 kecuali yah mungkin memang makelar mobil/pedagang mobil bekas kali yah mas ,baru mikirin harga jual saja. Tapi Nissan jg sudah mulai bagus kok harga jualnya sekarang dan jika masyarakat kita makin banyak yg sadar dan beli nissan juga gak hanya buta merk sebelah yg mobil mpv nya dari dulu terkenal kurang safety, udah suspensi agak keras trus imbung, pelit fitur dan boros bbm. Baru sekarang2 aja royal fitur karna sudah banyak pesaingnya bagus2,itupun harganya naik juga. Hadeeh..

  47. Pingback: Selamat Jalan Nissan Grand Livina | proleevo

  48. Ane juga tertarik ni buat minang GL…meski mo beli seken…:) ane suka karena bbm irit, suspensi nyaman n tenaga lumayan oke. kalo dibanding merk sebelah GL lebih bernilai menurut ane.

          • Nyuwun sewu mas Ardi ? ?,lg galau arep takon mas kalo dibanding honda mobilio mana sing penak menurut mas Ardi? Mungkin pernah nyoba juga.

          • Akselerasi awal enakan mobili, lebih responsif. Selebihnya, putaran atas enak GL. Kenyamanan, stabilitas dll menang GL.

            GL terlahir sebagai Medium MPV

          • Matur suwun Mas ?, hehe..
            berarti bener jkata2 mas cocok sama dengan yg pernah kudengar cerita2, ada orang coba2 pesan taksi mobilio di jakarta mau ke bandara, katanya bantingan suspensi berasa lebih kaku/agak keras dibanding GL, trus suara angin dan ban masuk banget waktu di jalan tol dan waktu dia tanya2 ke sopirnya gimana rasa nyetirnya di tol pak? Eh kata sopirnya mobil masih terasa melayang di kecepatan tinggi, nah persis cocok juga seperti kata kawan bapakku yg punya mobilio tahun 2014 trus di tes di tol cipali gak tau deh klo yang sekarang, kupikir yah kok aneh ya suspensi sudah agak keras kok masih berasa melayang. Makanya aku izin tanya2 lagi disini Mas hehe.. ?
            biar gak galau mau ganti ke lio ?
            O ya hasil browsing2 ternyata GL ini basis mobilnya diambil dari produk global nissan pulsar/nissa note yg dijual juga jepun, mamarika,& ngeropah. O ya kabar2 GL mau keluar yang All new yah tahun ini gosipnya..
            Nyuwun sewu Mas.. ?

  49. Setelah baca review om2 diatas,kyknya GL mantab buat dipinang, tp dana cukup buat yg second, nemu sih yg XV 2008 mt,,
    Yg mau ane tanyain, apa aja yg perly di cek kalo mau beli mobil second? Perlu bawa mekanik atau ke beres sekalian ya?
    Info n sarannya ya

      • Sudah cek sih kmrn di 2 bengkel tp bkn beres, kondisi mesin masih bagus bgt, cuma laher depan kanan minta diganti sama ban udah gundul aja…hrga miring cz yg pnya lg butuh duit

      • Om,,,minta petunjuknya dong…
        GL ane abis ganti laher dan ban (4ban),kirain udah kelar masalah kaki2,, nah yg ada klo kena lubang,atau jalan bergelombang bahkan jalan yg dr beton kok ada suara jedug2,bagian depan terutama,,
        Tnya2 temen yg dibengkel,digantilah karet shock sama tie rod,,tp msh ttp sama tuh suara njedug,tp g terlalu keras…
        Knp ya om?

      • Hallo gan, gl 2008 xv saya klo pke di tanjakan pasti ada suara nya ngletik,so apa itu masalah nya dan bagaimana cara mengatasi nya?? thanks

  50. Mohon Solusinya Suhu!!!
    Mau beli mobil baru yang harganya 150-200 jta,
    avanza-xenia uda bosen (kayak kereta gk putus2) hahaha
    kalo ertiga body gk suka (besar kyak Hulk) xixixi
    masih bingung antara mobilio & GL, mna yg yang paling top buat kluarga kcil?
    Thanks ^_^

    • Kalo tanya sy, udah pasti pilih GL lah. Rasanya jauh lebih nyaman, lebih stabil di kecepatan tinggi. Tapi kalah di akselerasi bawah dari mobilio.

      Tapi GL harga jual kembali kurang bagus. Gak tau kalo mobilio.

      The choice is yours. Hehehe

      • Salam om sy pengguna mobilio sekaligus GL…. mblio gen 1 merah marun sy pake harian … mbl baru ya msh rapet ga ada bunyi2 aneh… mesin halus, tenaga lmyn krn manual, irit wajar 1500cc, ac adem standard plus blower tengah… minus nya shock yg cenderung kaku tdk spt duduk nya yg ala sedan, interior murah kyk naek mbl pasaran bukan honda getuu hehe suara kabin gemuruh di speed up 90kpj kyk angkot wkwk…. nah kmrn ada rezeqi sy lgsg ke wtc magga dua… dan ada ultimate hitam 2011 orisinil mengkilat dg keren nya.. lgsg sy sikat ga pake nawar panjang 125jt…. lgsg ke nisan radin inten.. general cek up, tune up kuras oli semua, ganti aki, belt, busi dan yg ptg2 habis 3jt an …. sdh enak nyaman gleser beda jauh dg mblio ane….persis naek mercy soalnya leatherseat, panel dan stir nya wood hehe… hasil cek up kaki2 perlu ganti .. akhirnya ke jasmin motor di perwira bekasi … krn sdh jatuh cinta dg ini mbl sy tebus 4 shock 2,7jt an … jreng … jln kasar tanggul dll aplg tol dilahap dg halus tanpa masalah adem ayem senyap berasa bawa mbl premium tp minumnya pertamax atau shell yaa hehe skrg grill sepan sy ganti dg copotan hws wwiss tambah ganteng … mblio nyaris ga ane urusin tu nganggur kyk taxi di jalan haha… bensin irit asal ga maen bejek.. nikmati berkenderaan jgn kyk supir angkot .. soal lemot ya namanya mpv bukan buat drag race kali… yg paling penting bini anak pd pules di GL hehee…..

        • Memang beda segmen, GL lahir di medium MPV buat lawan innova waktu itu.

          Tapi Mobilio juga udah lumayan kok. Respon mesin di rpm rendah lebih baik dibanding GL. Tapi di rpm tinggi GL berjaya.

  51. Maaf mau tanya. Apakah mobil GL bpk mengalami keluhan karat di beberapa body indornya?
    Saya mau cari teman sharing aja soalnya saya baru beli mobil GL th 2015 awal, tapi belum sampai setahun beberapa komponen indor sudah ada banyak yang karat.
    Awalnya saya menyadari seat belt karat.
    Thank u

  52. Saya bru minang GL XV 2016…cma yg saya khawatirkan kaki kaki na gan..kata banyak org si lemah..sering minta jajan…mohon pencerahan na agar kaki2 GL na rada tahan lama..mksh

    • Saya pake sampe 110rb km, dua kali ganti bushing roda depan sama bushing arm. Satu kali ganti shock absorber belakang. Semuanya gratis karena masih garansi.

      Kelemahan lainnya, setiap 20 ribuan km, mobil mulai minta spooring.

      Tapi terbayar tuntas sama kenyamanan dan stabil nya Nissan GL ini.

      • Saya mau curhat nih hahaha. Waktu itu mau minang mobil antara mobilio,ertiga,dan grand livina. Soalnya kalo avanza ah males banget too mainstream di jalanan bosen. Apalagi dirumah masih melihara avanza 2004, masak avanza lagi mana gaenak juga mobilnya.

        Pas pertama ke dealer honda langsung liat Mobilio tipe E CVT hmmm modelnya sih oke ya. Cuma build quality nya sangat buruk. Buruk banget malahan. Dasbor goyang goyang, karet pintu tipis masak sama kaya avanza 2004 dirumah yang notabane 100jt, jok tipis bgt, jok depan gak ada sandaran kepala, jok tengah gapunya handrest, di pintu gapunya material soft kain. Ah kecewa banget. Liat mobilio langsung keluar dari dealer tadinya niat mau testdrive. Saya bilang ke salesnya “gajadi mbak saya udah kecewa duluan sama kualitas nya kaya gitu”

        Langsung cao ke dealer suzuki. Liat ertiga modelnya ya gak ganteng2 banget. Tapi build quality nya oke banget. jok nya tebel, ada handrest, material nya oke banget deh. Beda jauh bgt sama mobilio tadi. Dan mulai testdrive lah. Nah disini lah masalahnya, yang bareng test drive saya bapak bapak kurang ramahh hmmm, dan yang saya mau kan varian matic nya tapi adanya manual. Yahh, agak kecewa sih hmmm semua mobil rasa manual sih sama aja. Untuk peredaman sih oke, bantingan suspensi juga enak. Cuma ya kembali agak ilfeel bukan ke mobil nya ilfeel. Ke orang salesnya ajaa

        Lalu berangkatlah ke dealer nissan. Sampai disana langsung disambut baik banget. Trus liat lah ke mobil Grand Livina. Masuk ke dalem kesan nya agak sederhana yaa. Ya klo mikir interiornya dari th 2007 blum berubah. Tapi oke banget kualitas dasbor gak goyang, jok nya tebel banget, karet pintu double, wah liat kualitasnya oke banget lah. 11 12 sama ertiga tadi. Lalu testdrive lah grand livina. GOKIL!! Kata pertama dalam hati gua. Ini mobil redam banget gilak, lebih dari ertiga tadi, dan empuk banget gokil sih, nyaman banget di dalem, suara mesin gak kedengeran, road noise dari ban juga gak kedengeran banget. Wahh langsung jatuh hati coy sama grand livina, apalagi ditambah pas test drive ditemenin mbak salesnya. Mana cantik lagi dan ramah banget. Makin seneng lah wkwkwkwk.

        Dan yak akhirnya minang Grand Livina XV CVT 2016 hahaha. Oke banget bro nih mobil hahahaa

  53. Pingback: [Review] Tiga Tahun Bersama Grand Livina | proleevo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *