Perjalanan ke Ujung Kulon

Pertama saya mohon maaf jika informasi perjalanan kali ini terkesan “begitu-begitu saja”. Perjalanan ini saya lakukan selama 20 jam dimulai dari pukul 23:00 WIB dan kembali sampai di rumah (Tangerang) pukul 19:00 WIB.

Ujung kulon adalah lokasi tujuan wisata di provinsi Banten yang cenderung bersifat wisata alam atau wisata petualang (adventure). Rute yang dapat dilalui bagi para bikers dari jakarta adalah: Jakarta – Kalideres – Tangerang Kota – Bitung  – Cikupa – Balaraja – Serang – Pandeglang – Labuan – Panimbang – Cibaliung – Sumur – Taman Jaya (Ujung Kulon) dengan jarak tempuh sekitar 240 Km. Perjalanan dari Jakarta menuju Ujung Kulon bisa ditempuh dalam waktu kira-kira 7 jam dengan beberapa kali istirahat.

Lebih disarankan untuk melakukan perjalanan pada waktu dini hari. Selain kondisi lalulintas yang lengang, udara yang sejuk juga menambah kenyamanan rider serta mencegah mesin terlalu panas.

Kondisi jalan:

Kondisi Jalan dari Jakarta sampai Cikupa terbilang cukup baik, lalulintas cenderung  padat di pagi hari sampai menjelang malam hari.

Kondisi jalan dari Cikupa sampai Serang sering ditemukan lubang di ruas jalan, bahkan di beberapa titik terdapat ruas jalan yang rusak cukup parah, lalulintas cenderung padat di pagi hari dan sore hari.

Kondisi jalan dari Serang sampai Pandeglang cukup baik, hanya perlu diwaspadai beberapa lubang jalan, lalulintas cenderung ramai lancar di pagi hari sampai menjelang malam hari.

Kondisi jalan dari Pandeglang sampai Labuan sering ditemukan lubang di ruas jalan, bahkan di beberapa titik terdapat ruas jalan yang rusak cukup parah, namun di beberapa titik sudah diperbaiki dan diaspal ulang. Lalulintas lancar.

Kondisi Jalan dari Labuan sampai Cibaliung terbilang cukup baik, lalulintas lancar.

Kondisi jalan dari Cibaliung sampai Sumur merupakan jalan desa beraspal, sering ditemukan kerusakan jalan, lalulintas Lancar.

Kondisi jalan dari Sumur sampai Taman Jaya merupakan jalan berbatu, di beberapa titik terdapat kubangan air yang cukup dalam dan juga melewati beberapa saluran air yang dihubungkan dengan batang pohon kelapa.

Perjalanan ke Ujung Kulon

Bisa beristirahat sejenak di kota pandeglang

Perjalanan ke Ujung Kulon

SPBU di desa Kadu Gadung kira-kira 5 Km sebelum Labuan, bisa dijadikan tempat menginap

Perjalanan ke Ujung Kulon

Salah satu pemandangan di sepanjang jalan dari Panimbang sampai Cibaliung

Perjalanan ke Ujung Kulon

Gerbang masuk Taman nasional Ujung Kulon

Perjalanan ke Ujung Kulon

Pemandangan di pantai Sumur, tampak Pulau Umang di kejauhan

Perjalanan ke Ujung Kulon

Pemandangan di pantai Sumur, tampak Tanjung Lesung di kejauhan

Perjalanan ke Ujung Kulon

Pantai Sumur

Perjalanan ke Ujung Kulon

Salah satu pemandangan di sepanjang jalan dari Sumur sampai Taman Jaya

Perjalanan ke Ujung Kulon

Lokasi Taman Nasional Ujung Kulon

Untuk melanjutkan perjalanan menuju pedalaman hutan Taman Nasional dapat dilakukan dengan berjalan kaki kira-kira 1 minggu dari Taman nasional atau dengan menggunakan kapal nelayan sampai di ujung pulau jawa dan dilanjutkan dengan berjalan kaki kira-kira 3 hari.

Selain menuju pedalaman Taman Nasional, kita juga dapat berwisata ke Pulau Peucang dan pulau Panaitan. Pulau peucang adalah pulau yang dijadikan obyek wisata dengan beberapa penginapan, listrik dan sumber air tawar. Pulau panaitan adalah pulau yang tidak berpenghuni dan dijadikan sebagai hutan lindung. Untuk menuju ke pulau Peucang maupun pulau Panaitan dapat menggunakan kapal nelayan baik dari Sumur maupun dari Taman Jaya. Tarif sewa kapal nelayan menuju ujung pulau jawa, pulau Peucang maupun pulau Panaitan kurang lebih sama, yaitu berkisar Rp. 1.500.000,- dari Taman Jaya dan Rp. 2.000.000,- dari Sumur.

Tips khusus:

– Sediakan waktu yang cukup dan kondisi fisik yang prima bila ingin menuju pedalaman hutan Ujung Kulon.

– Sediakan dana yang cukup atau rombongan yang cukup banyak jika ingin menyebrang ke pulau Peucang atau pulau Panaitan.

Demikian informasi perjalanan yang sangat sederhana ini, semoga bermanfaat, khususnya bagi bro dan sist sekalian yang akan melakukan perjalanan ke Ujung Kulon.

31 thoughts on “Perjalanan ke Ujung Kulon

  1. udah liat2 isi webnya ini mas… keren ya???? tak kira cuma iseng doang, taunya sampean orang gila petualang jg ya??? hahaha…kapan ya saya bs begitu??? plg top touring ama kawan ke puncak..hadeuh, masih jauh dah…

  2. hehee…Salam sang pngembara.Qt ktemu dblog sini..Sma ogut jg pengn bgd tuch k ujung kulon lg..Syng’y nak2 udh gg kya dlu lg.Klo 3 motor PD g sang.Skalian ama akang proleevo….slm kompak slalu ahh..

  3. ma’kasih infonya….berharga sekali buat saya yang lagi merencanakan ke taman nasional. terutama saya berangkat dari Garut jalan mana yang dianggap aman dan nyaman…pingin sekali..

    • Dari Garut ke Ujung Kulon bisa lewat rute : Garut – Bandung – Cianjur – Sukabumi – Pelabuhan Ratu – Malingping – Cibaliung – Ujung Kulon

      atau

      Garut – Bandung – Bogor – Tangerang – Serang – Pandeglang – Labuan – Cibaliung – Ujung kulon

  4. bro,aneberencana touring jkt – pandeglang,yg ane bingung klo sdh sampai di tangerang kota,apakah rambyu penunjuk jln cukup jelas / bgmn?lalu kira2 brp waktu yg ane butuhkan u/menempuhnya?

  5. Pingback: penginapan pantai ujung kulon | Info Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *