Para Bikers Ini Membuat Kampung Cisoka Kembali Terang

Bro n Sist…
Alkisah di wilayah Sumedang Jawa Barat terdapat sebuah kampung di atas bukit yang bernama kampung Cisoka. Kampung yang dihuni oleh 27 kepala keluarga tersebut berada di desa Citengah kecamatan Sumedang Selatan yang letaknya hanya 15 Km saja dari kota Sumedang. Di tahun 2014 ini, ditengah maraknya status FB para masyarakat kota yang mencaci maki padamnya listrik PLN, masyarakat kampung Cisoka masih hidup damai tanpa Listrik PLN. Mareka hanya mengandalkan panel tenaga surya hasil sumbangan dari UNPAD beberapa tahun silam untuk menghasilkan tenaga listrik yang kemudian disimpan oleh Accu.

Sangat disayangkan, Accu yang berfungsi sebagai penyimpan arus listrik tersebut tak bisa bertahan lama. Di bulan lalu tercatat ada 3 rumah dan satu Mushollah gelap gulita akibat rusaknya Accu.

Adalah para biker yang tergabung dalam komunitas Prides chapter Purwakarta yang digerakkan oleh kang Rama Bargawa yang memulai untuk mengembalikan cahaya di kampung Cisoka. Priderian chapter Purwakarta yang lebih dikenal dengan sebutan Purwaceng tersebut melakukan penggantian Accu di 3 rumah dan satu Mushollah sehingga kembali menyala. Tidak hanya itu, lampu pijar yang selama ini menjadi andalan masyarakat kamping Cisoka, diganti dengan lampu LED 1 watt sehingga lebih hemat listrik dan lebih tahan lama.

Untuk mensiasati usia pakai Accu yang tidak mampu bertahan lama, para Purwacenger melalui bro Titan Aldiano membuatkan rangkaian Capasitor Bank yang diyakini akan memperpanjang usia Accu hingga 15 tahun.

Satu kata dari saya, salut !! Untuk teman-teman Purwaceng. Negeri ini memerlukan orang-orang seperti kalian.

Semoga apa yang dilakukan oleh teman-teman kita ini dapat menjadi inspirasi bagi Bro n Sist sekalian untuk bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat ditengah hobby berluntang-lantung.

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

Foto : Rama Bargawa

12 thoughts on “Para Bikers Ini Membuat Kampung Cisoka Kembali Terang

  1. Patut di acungi jempol kiri-kanan karena kreatifitas para biker telah membantu meringankan masyarakat dan mempunyai nilai positif. Kami KB-RRRI patut mencontoh kegiatan Purwaceng dan perlu dikembangkan lagi power bank-nya untuk implementasikan pada pemanfaatan tenaga surya. BRAVOO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *