Modifikasi Jok Vario 125 untuk Touring

Modifikasi Jok Vario 125 untuk Touring

Bro n Sist…

Salah satu kekurangan dari Honda Vario 125 (WTF) adalah jok nya yang super keras. Bahkan banyak yang bilang sekeras Batu!! padahal enggak segitunya siih. Bukan apa-apa, demi fitur “Helm in”, kenyamanan jok terpaksa dikorbanin. Jok WTF ini kalo dibuka, dibawahnya ada cekungan pas diatas bagasi, fungsinya biar muat helm. Imbasnya, busa jok jadi tipis. Kalo dipake jarak jauh, ampun dah rasanya. 😀

Maka dari itu, sebelum dipake touring jarak jauh, jok WTF saya ganti dengan jok bikinan yang lebih tebel dan empuk. Jok ini saya pesen di ADR Jok, di Jl. Raya Serang KM 19, Bojong, Cikupa Tangerang. Kebetulan mas Danu yang punya bengkel jok ini paham bener sama penyakit jok WTF. Jadilah dia bikin jok WTF sesuai keinginan saya.

Pertama, jok asli dilepas dan disimpen. Kedua, bikin jok baru pake bahan jok rata ala anak muda entah apa namanya, ada yang nyebut jok Om Jin Somjin atau apa gitu. Nah jok rata ini, bagian bawahnya udah ditutup pake plat stainless, alhasil udah ga ada cekungan lagi.

Ketiga, jok somjin tadi dimodifikasi, ditambah busa tebel yang empuk, pake busa Yamaha atau minimal busa scoopy. Kebetulan dapet busa scoopy yang lumayan empuk dan lebar pula. Nambahin busa di jok somjin ini sampai 3 lapis, tebelnya sekitar 12 cm untuk bagian depan dan hampir 5 cm untuk bagian boncenger. Saya sebenernya pengen jok dibentuk mirip sofa, tapi berhubung waktu mepet karena besoknya mau touring ke Yogya, jadilah jok dibentuk mirip jok PCX. Kalo dibanding jok WTF, jok bikinan ini lebih tebel 3 cm dan di bagian boncenger lebih lebar sekitar 2 cm.

Habis tambah busa, baru deh jok dibungkus pake kulit MB Tech. Hasilnya kayak gini nih:

Kelar dah…
Jok WTF udah ga keras lagi.
Saatnya berpose…

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

16 thoughts on “Modifikasi Jok Vario 125 untuk Touring

  1. lagi nyari yang bisa modif ginian di bandung, belum nemu-nemu.. kalo jok asli bisa dimodif langsung ngga ya?barangkali lebih murah..

  2. Gan ad nomor telpon tukang jok motornya mau ane call dulu niy kebetulan jok motor ane jg sama niy vario 125 bikin tulang ekor sakit, mau ganti yg empuk kaya punya agan. Mksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *