Menyetir di Akhir Pekan, Waspada dan Pahami Bedanya

Menyetir di Akhir Pekan, Waspada dan Pahami Bedanya

Bro n Sist…

Sering mengalami kagok saat menyetir di akhir pekan? Sering merasa tidak biasa dengan lalulintas jalan terutama mobil-mobil di akhir pekan? Tenang saja, Bro n Sist tidak sendirian, banyak driver harian yang merasakan hal yang sama.

Bagi yang terbiasa menyetir sendiri untuk beraktifitas sehari-hari, biasanya akan mendapati suasana yang berbeda saat menyetir di akhir pekan atau hari libur. Hal ini terutama terjadi di kota-kota besar. Pasti akan terasa “ada yang beda“. Yuk kita bahas beberapa perbedaan serta cara mengantisipasinya.

Komposisi driver berubah

Disadari atau tidak, di hari biasa kita selalu bertemu dengan mobil-mobil yang itu-itu saja, degan para pengemudi yang mayoritas biasa menyetir harian. Hal ini membentuk habit / kebiasaan menyetir yang kurang lebih sama di kalangan driver harian di suatu kota. Lain halnya jika kita menyetir di akhir pekan atau hari libur. Di akhir pekan kita akan menjumpai banyak “Weekend driver” di jalan alias yang menyetir mobil hanya di akhir pekan dan hari libur. Tentunya mereka mempunyai habit yang berbeda dengan driver harian.

Weeken Driver lebih santai

Kita yang terbiasa menyetir sehari-hari, khususnya di kota-kota besar, cenderung lebih sigap dan lebih cepat di jalan. Wajar saja, cukup banyak waktu yang kita habiskan di jalan sehingga tidak jarang kita terburu-buru. Lain halnya dengan weekend driver yang menyetir untuk jalan-jalan atau rekreasi, pastinya lebih santai.

Habit yang berbeda tersebut yang terkadang membuat kagok. Jika tidak diantisipasi dengan baik, bisa memicu potensi terjadinya kecelakaan.

Lebih sabar saat akhir pekan

Kuncinya kembali lagi “sabar”. Menyetir di akhir pekan harus lebih sabar dan tidak tergesa-gesa. Dinikmati saja.

Lebih waspada

Di setiap perjalanan kita memang harus waspada, baik di hari biasa maupun di akhir pekan. Tetapi khusus di akhir pekan dan hari libur, kewaspadaan kita perlu ditingkatkan. Jarak aman dengan kendaraan di depan juga perlu ditambah. Hal ini karena di akhir pekan kita tidak bisa memprediksi arah kendaraan lain sebagaimana di hari-hari biasa.

Nah, Bro n Sist, tetap utamakan keselamatan di jalan.

Selamat ber akhir pekan.

By Proleevo

2 thoughts on “Menyetir di Akhir Pekan, Waspada dan Pahami Bedanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *