Kesejukan Situ Lengkong Panjalu Ciamis

Bro n sist…

Sudah lama saya tidak menulis di blog tercinta ini.

Kali ini saya akan menuliskan perjalanan saya beberapa waktu yang lalu ke kampung halaman saya ( Arjawinangun – Cirebon ), dilanjutkan ke Situ Lengkong ( Ciamis ) dan pulangnya via Bandung – Cianjur – Bogor dengan sebelumnya mampir dulu ke Garut. Sungguh perjalanan yang sangat mengasyikkan ditemani dentuman khas suara knalpot Abbys Sheldiez yang mampu mendongkrak power si brievo sampai 3 hp.

Well, kita lanjutkan ceritanya. Kali ini saya akan lebih menceritakan tentang Situ Lengkong.

Situ Lengkong merupakan obyek wisata alam yang terletak di kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis. Untuk memasuki area obyek wisata ini, pengunjung dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 2.500,- per orang. Daya tarik Situ Lengkong berupa panorama danau alami yang indah serta keberadaan sekumpulan kalong ( kelelawar besar ) yang berkumpul di tanjung yang menjorok ke tengah danau. Udara yang sejuk di lokasi ini membuat saya betah berlama-lama menikmati pemandangan alam Situ Lengkong ini. Cekidot….

.

Suasana yang sejuk meskipun jam 1 siang.

.

Daratan yang menjorok sampai ke tengah danau dihuni sekumpulan Kalong.

.

Tepian danau yang mirip suasana di Cukang Taneuh ( Green Canyon ).

.

Brievo pun ikut narsis di tepian danau

.

PRIDES was here !!!

.

Selain itu pengunjung juga dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu untuk menyusuri tepian danau yang sangat eksotis itu. Tarif yang dikenakan untuk mengelilingi danau seluas itu relatif terjangkau yaitu sebesar Rp. 10.000,- per orang. Sungguh merupakan wisata alam yang sangat menyegarkan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Rute perjalanan yang saya tempuh yaitu Tangerang – Jakarta – Bekasi – Karawang – Pamanukan – Jatibarang – Arjawinangun – Rajagaluh – Sukahaji – Maja – Cikijing – Cigambul – Panjalu – Suryalaya – Ciawi – Malangbong – Limbangan – Garut – Nagrek – Bandung – Cianjur – Puncak – Bogor – Ciseeng – Serpong – Tangerang.

Untuk mencapai lokasi Situ Lengkong dari Jakarta dapat menempuh rute kepulangan saya yaitu melalui Bandung – Nagrek – Malangbong – Ciawi belok kiri kira-kira 15 Km ke arah Panjalu, sampai di pertigaan Panjalu belok kanan kira-kira 500 meter.

Ini dia rute yang saya tempuh.

Kesejukan Situ Lengkong Panjalu Ciamis
Rute perjalanan
Untuk melihat dengan Google map, klik disini.

Ini dia kondisi jalan dari Cikijing ke arah Ciamis..

Jalanan berliku dengan kondisi aspal yang mulus…

.

Bro n sist, silahkan dikomentari…

12 thoughts on “Kesejukan Situ Lengkong Panjalu Ciamis

  1. kok lewat pantura? kejauhan bro..
    mending Karawang-Purwakarta-Sadang-Subang-tembus ke Rajagaluh.
    cuma bensin harus full dan motor kudu oke,karena bakal lewat hutan dan sawah..boro-boro ada SPBU,ketemu orang aja jarang hehe..

    Saya pernah single turing naik Honda Sonic lewat jalur ini,tapi dari timur, dari Rajagaluh jam 15.30 sampe Sadang jam 18.

    • He..he..

      Ada keperluan keluarga di Arjawinangun – Cirebon, plus ada kopdar juga di Cirebon.

      Yupz, tepat 2 minggu sebelumnya saya lewat cikamurang. Kondisi jalan sudah jauh lebih baik, sudah banyak yang di cor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *