Jangan Anggap Remah Tutup Pentil

Jangan Anggap Remah Tutup Pentil

Bro n Sist…

Barang kecil yang tidak ada harganya ini ternyata memiliki fungsi yang sangat penting. Saya sendiri selama ini sering meremehkan yang namanya tutup pentil. Jarang sekali saya memperhatikan tutup pentil di ban motor ataupun mobil saya. Kalau ada ya dipasang, kalau gak ada ya biarkan saja.

Hari ini (telat) saya baru menyadari pentingnya tutup pentil, setelah ban belakang motor saya selalu kempes dan terjadi kebocoran di pentil. Biasanya, kalau terjadi seperti itu, saya ambil jalan pintas, ganti pentil dan beres. Tapi hari ini saya penasaran, coba mengakali pentil yang bocor tadi dengan cara menusuk-nusuk ujungnya menggunakan kunci L paling kecil. Ternyata setelah ditusuk-tusuk beberapa kali, pentil yang tadinya bocor kembali rapat. Setelah dianalisa, kebocoran pentil terjadi karena ada pasir/ kotoran yang mengganjal. Tentu saja akibat dari tidak adanya tutup pentil.

Beruntung kebocoran terjadi di rumah. Bagaimana kalau terjadi saat perjalanan jauh di tengah hutan? Tentunya akan sangat merepotkan. Apalagi jika terjadi saat kendaraan melaju kencang di Jalan tol, Sangat berbahaya..!!

Bro n Sist, mulai sekarang, periksa ban motor dan ban mobil masing-masing, apakah tutup pentil sudah terpasang lengkap?

Silahkan dikomentari…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *