Honda Verza di Mata Pemilik Scorpio

Bro n Sist…
Seminggu ini saya berada di Bekasi buat ngurus surat kepindahan penduduk dari DKI Jakarta ke kab. Bekasi. Lho, kok gak ke Jogja? Yang jelas nanti bakalan diurus untuk pindah ke Jogja, tapi bukan sekarang.

Sambil nunggu proses editing foto dan cerita perjalanan ke Bali Lombok Day 3, saya coba cerita pengalaman wara-wiri Bekasi – Jakarta pake Honda Verza 150 pinjaman mertua. Siapa tau bisa bermanfaat bagi Bro n Sist yang mau minang motor batangan Honda paling murah ini.

Catatan Modifikasi
Verza yang saya pakai ini gak sepenuhnya standar. Ada dua komponen yang udah dimodif yaitu:
1. Stang / handle bar udah diganti dengan model fat bar.
2. Ban udah ganti pake Michelin Pilot Street, depan ukuran 110/70-17 dan belakang ukuran 130/70-17.

Review
Diluar dugaan, Honda Verza ini ternyata cukup nyaman dikendarai. Suspensi cukup nyaman, handling lincah (bagi saya) dan lumayan stabil. Lebih stabil dibanding Scorpio saya yang udah pake peninggi.

Urusan performa, biarpun cuma 150cc akselerasi Verza lumayan galak, mungkin karena rasio yang terlalu enteng. Konsekuensinya, topspeed mlempem. Kalo beberapa bulan lalu saya sempet ngetawain penunggang Verza di Pantura yang gak bisa ngikutin Vario 125 saya boncengan 3, kali ini di jalur BKT, Vario 125 sukses ninggalin saya naik Verza yang di gigi 5 mentok 100km/jam kurang sedikit. Please jangan bandingin performa Verza sama motor 150cc kompresi tinggi, apalagi sama Scorpio. 😄

Pengereman Honda Verza biasa aja, tapi cukup oke. Ditambah peran dari Michelin Pilot street yg lumayan lengket, saya cukup pede untuk late braking pake motor ini.

Selain lebih stabil, masih ada dua kelebihan Honda Verza dibanding Scirpio milik saya yaitu mesinnya yang minim getaran dan adem. Dipake macet-macetan yang cukup parah di siang bolong, mesin berpendingin udara punya Verza ini tetep adem, gak ada gejala overheat.

Kesimpulan
Secara Fungsi sebenarnya Honda Verza ini cukup Oke. Cuma kurang di performa. Secara design memang kurang mengiikuti perkembangan jaman. Kesannya alakadarnya. Buat Bro n Sist yang butuh motor buat jarak jauh, menurut saya Verza masih lebih layak dibanding Ayago atau bebek super. Hehehe…

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

10 thoughts on “Honda Verza di Mata Pemilik Scorpio

  1. Verza Sempet jadi pilihan utama buat beliin motor adik ipar. Tapi berhubung harganya ga jauh beda sama jup mx150 (bukan yg king) jadinya beli mx150.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *