Gear Indicator (Indikator Perseneling) di Spidometer Pulsar 200NS

Bro n Sist…

Ide yang sangat kreatif datangnya dari Bro Andi. Pemilik Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS yang tinggal di Cilandak Jakarta Selatan ini membuat heboh Group Pulsar 200NS Indonesia di FB dengan memposting foto spidometer Pulsar 200NS yang telah dilengkapi dengan Gear Indicator. Amazing..!!

Menurut penuturannya, modifikasi spidometer tersebut dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana dan hemat. Silahkan simak tips dan trik dari Bro Andi berikut ini:

1. Mengganti Sensor Perseneling

Di dalam blok magnet Pulsar 200NS terdapat sensor perseneling yang berupa sensor “posisi netral”. Nah, sensor tersebut dibawa ke tukang bubut untuk dibuatkan yang baru namun dimodifikasi sesuai gambar di bawah ini:

Sebelah kanan adalah sensor bawaan pulsar 200NS, sedangkan sebelah kiri adalah sensor modifikasi yang dibuat dari bahan teflon. Setelah itu pasangkan sensor hasil modifikasi tersebut sebagai pengganti sensor bawaan.

2. Menghubungkan Sensor dengan LED seven segment.

Ketujuh lubang di sensor perseneling tersebut kemudian dibuatkan terminal dari tembaga. Terminal tersebut dihubungkan dengan LED seven segment, tentunya melalui rangkaian elektronik tertentu.

3. Memasang LED seven segment di spidometer.

Langkah berikutnya yaitu memasang LED seven segment di spidometer. Kebetulan di spidometer Pulsar 200NS ada celah yang cukup untuk memasangkan LED sebgai indikator perseneling.

Untuk membuat indikator perseneling tersebut, Bro Andi cukup mengeluarkan dana Rp. 150.000,- saja. Hmmm… patut dicoba.

Bro n Sist, silahkan dikomentari…

Sumber

17 thoughts on “Gear Indicator (Indikator Perseneling) di Spidometer Pulsar 200NS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *