7 Modifikasi Penting Datsun Go/ Go+ 2015

7 Modifikasi Penting Datsun Go/ Go+ 2015

Bro n Sist,

Di awal-awal kemunculannya, Datsun Go & Go+ sangat menarik perhatian konsumen Indonesia. Selain terlahir kembalinya brand Datsun yang memiliki histori di Indonesia, juga Datsun Go/ Go+ ini dinilai sebagai mobil LCGC yang paling Value. Dengan harga yang terjangkau, Datsun Go/ Go+ menawarkan desain exterior LCGC yang paling manis (menurut saya), serta performa dan handling yang mumpuni. Selain itu, Datsun Go+ juga menjadi satu-satunya LCGC yang memiliki jok 3 baris, sekaligus menjadikannya sebagai mobil 3 baris termurah di Indonesia.

Di sisi lain, disamping beberapa kelebihannya yang sukses memikat hati konsumen Indonesia itu, Datsun Go juga memiliki beberapa kelemahan. Saya sendiri pernah meriview Datsun Go 2015 sebelumnya saat menjajalnya dari Solo sampai Kediri PP tahun lalu. Beberapa kekurangan Datsun Go 2015 yang paling menonjol adalah di sisi kelengkapan. Maksud di segmen LCGC, memang sangat wajar jika Datsun Go/ Go+ 2015 memiliki kekurangan di sisi kelengkapan, tetapi bukan berarti kekurangan tersebut tidak bisa diperbaiki.

Kekurangan kelengkapan jelas lebih mudah diperbaiki dengan cara menambahkan atau memodifikasi dibandingkan dengan kekurangan desain atau kekurangan handling. So, buat Bro n Sist yang menggunakan Datsun Go/ Go+ 2015, kalian sangat beruntung karena Datsun Go/ Go+ sudah terlahir manis dengan performa dan handling yang mumpuni. Sekarang tinggal melengkapi kekurangan kelengkapannya dengan cara memodifikasinya.

Berikut ini ada 7 Modifikasi penting untuk Datsun Go/ Go+ 2015 agar semakin nyaman digunakan. Modifikasi yang akan saya uraikan disini adalah Modifikasi Fungsi, Catet! bukan modifikasi penampilan. Sekali lagi, karena penampilan Datsun Go/ Go+ sudah cukup manis, justru kelengkapannya yang kurang. Ini dia 7 modifikasi penting untuk datsun Go/ Go+:

 

1. Fog Lamp / Lampu Kabut

Foglamp adalah sebuah kebutuhan untuk mobil-mobil yang melintasi dataran tinggi yang berkabut. Tidak heran jika mobil truk alias mobil niaga saja sudah dilengkapi dengan Foglamp, bukan untuk tampilan yang keren, akan tetapi untuk membantu penerangan saat melintasi jalanan berkabut. Foglamp untuk Datsun Go/ Go+ suadah banyak tersedia di pasaran. Mulai dari Foglamp hasil kreasi teman-teman komunitas, Foglamp after market, hingga Foglamp yang disediakan oleh dealer Datsun. Saran saya, untuk Foglamp ini, gunakan lampu dengan color temperature yang tinggi alias yang warna nya agak ke kuning-kuningan. Hal ini sangat penting agar Foglamp benar-benar bisa berfungsi menerangi jalan menembus kabut.

 

2. Electric Mirror / Spion elektrik

Electric Mirror alias spion elektrik ini juga cukup penting untuk mengatur posisi spion yang pas tanpa harus membuka jendela. Apalagi untuk spion sebelah kiri, jika belum dilengkapi dengan electric mirror, maka untuk mengaturnya harus berhenti terlebih dahulu dan cukup merepotkan. Dengan dipasangi electric mirror ini Datsun Go/ Go+ 2015 menjadi semakin praktis dan tidak kalah dengan mobil lain.

 

3. Saklar selektor power window

Ada yang unik dengan power window Datsun Go/ Go+ 2015. Selain power window hanya tersedia untuk jendela depan, saklar/ tuas power window pun terasa sangat kurang. bagaimana tidak, tuas power window hanya ada dua buah yaitu satu di kanan yang hanya bisa untuk membuka jendela kanan dan satu di kiri yang hanya bisa untuk membuka jendela kiri. Cukup merepotkan bro. Terutama bagi para jomblo yang selalu menyetir sendirian. Coba bayangkan, untuk membuka jendela kiri, driver yang sendirian harus menjangkau tuas yang cukup jauh di kiri.

Untuk mensiasati hal itu, ada beberapa solusi. Bisa dengan mengganti tuas power window Datsun Go/ Go+ 2015 satu set komplit, bisa juga dengan memodifikasi tuas yang sudah ada. Caranya dengan menambahkan saklar selektor di sebelah kanan. Dengan begitu, sopir/ driver tinggal menggeser saklar ke kiri, maka tuas power window yang ada dikanan difungsikan untuk membuka jendela sebelah kiri. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak Video diatas.

 

4. Saklar pembuka bagasi belakang

Seperti Avanza/ Xenia, bagasi belakang harus dibuka dengan cara menggeser tuas bagasi yang ada di depan. Bagi sebagian orang, hal ini cukup merepotkan. Nah, untuk yang satu ini, sudah ada hasil kreasi modifikasi dari teman-teman komunitas, yaitu dengan cara memasang saklar kecil di balik handle bagasi Datsun Go+ 2015. Sayangnya untuk Datsun Go 2015, penempatan saklar menjadi dilema karena tidak ada area yang tersembunyi.

Untuk lebih jelasnya, simak Viedeo diatas.

 

5. Peredam full set

Satu hal yang paling terasa saat pertama kali saya menjajal datsun Go/ Go+2015 adalah peredamannya yang sangat kurang. Tidak heran jika banyak pemilik datsun Go/ Go+ 2015 yang memasangkan peredam plafon, peredam bodi samping, peredam lantai dan juga peredam kap mesin. Karena ternyata bawaan datsun Go/ Go+ belum dilengkapi dengan peredam. Bahkan peredam panas di kap mesin pun belum ada.

Untuk peredam ini, ada berbagai macam merek di pasaran. Selain peredam bermerek, ada juga peredam hasil kreasi teman-teman kominitas yaitu dengan menggunakan rock wool.

 

6. Filter kabin / Filter AC

Filter AC adalah komponen yang sangat penting untuk menjaga agar udara AC yang bersirkulasi tetap bersih dan segar. Selain itu juga penting untuk menjaga komponen Blower dan Evaporator AC tetap bersih sehingga tidak mudah rusak karena tersumbat kotoran.

Untuk yang satu ini Datsun Go/ Go+ tidak sendirian. Selain Datsun Go/Go+, ada beberapa mobil yang dari dealer juga belum dilengkapi dengan filter AC, diantaranya yaitu Suzuki Ertiga, Honda Brio, Honda Mobilio dan Honda BR-V.

Pemasangan filter AC Datsun gampang-gampang susah. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di tulisan saya setahun yang lalu tentang Cara Pasang Filter AC Datsun Go/ Go+. Untuk filter ACnya sendiri, bisa order di Tokopedia atau Bukalapak, cuma 50 ribuan saja (tokopedia).

 

7. Velg dan Ban

Velg dan ban datsun Go/ Go+ 2015 bawaan standar adalah velg kaleng 13 inc dengan lebar ban hanya 155 mm. Untuk pemakaian normal hal ini tentunya sudah cukup. Tetapi ketika saya menjajal Datsun Go/ Go+ 2015 dengan sedikit agresif di rute Sarangan – Tawangmangu dengan kondisi aspal basah, ban standar Datsun ini terasa kurang mencengkaram. Alangkah baiknya jika diganti dengan profil yang lebih lebar.

Bro n Sist, itu dia 7 modifikasi penting untuk Datsun Go/ Go+ 2015. Jangan lupa disimak videonya agar lebih jelas. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “7 Modifikasi Penting Datsun Go/ Go+ 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *